Efektivitas Penerapan Handout Pada Materi PAI Haji Dan Umrah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMAN 3 Darul Makmur Nagan Raya

Abdul Halim, 200201110 (2025) Efektivitas Penerapan Handout Pada Materi PAI Haji Dan Umrah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMAN 3 Darul Makmur Nagan Raya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Efektivitas Penerapan Handout Pada Materi PAI Haji Dan Umrah Untuk Meningkatkan Hasil  Belajar Peserta Didik Kelas XI SMAN 3 Darul Makmur Nagan Raya] Text (Efektivitas Penerapan Handout Pada Materi PAI Haji Dan Umrah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMAN 3 Darul Makmur Nagan Raya)
Abdul Halim, 200201110, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Permasalahan rendahnya hasil belajar Pendidikan Agama Islam masih ditemui di berbagai sekolah, seperti halnya di SMAN 3 Darul Makmur Nagan Raya. Kondisi tersebut disebkan oleh berbagai faktor salah satunya penggunaan bahan ajar yang tidak tepat. Salah satu bahan ajar yang diyaikini efektif digunakan dalam pembelajaran PAI adalah handout karena paling praktis dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan handout pada materi PAI haji dan umrah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI SMAN 3 Darul Makmur Nagan Raya dan untuk mengetahui respon peserta didik kelas XI terhadap penerapan handout pada materi PAI haji dan umrah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pra eksperimen. Populasi penelitian siswa kelas XI-IPA sebanyak 23 orang dan kelas XI-IPS berjumlah 26 orang. Sampel ditentukan dengan teknik simple random sampling, setelah diacak terpilih siswa XI-IPS sebagai sampel penelitian dengan jumlah 26 orang. Data dikumpulkan melalui tes dan penyebaran angket kepada responden. Data tes yang terkumpul dianalisis menggunakan uji statistik (uji-t) dan data angket dianalisis dengan rumus persentase kemudian dideskripsikan dengan kalimat untuk menjelaskannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Nilai rata-rata sebelum penerapan handout sebesar 41,03 setelah perlakuan meningkat menjadi 72,65. Hasil ini juga diperkuat dengan uji hipotesis bahwa thitung > ttabel (3,55 >1,71) sehingga Ha diterima. Dengan demikian, penerapan handout pada materi PAI haji dan umrah efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IPS SMAN 3 Darul Makmur Nagan Raya. (2) Penggunaan handout mendapat respon yang sangat baik dari siswa yaitu sebanyak 63,38% siswa sangat senang dengan penerapan handout pada pembelajaran PAI materi haji dan umrah dan sebanyak 34,62% lainnya mengakui senang dengan penerapan handout pada pembelajaran PAI materi haji dan umrah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Abdul Halim
Date Deposited: 17 Jan 2025 09:57
Last Modified: 17 Jan 2025 09:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/42384

Actions (login required)

View Item
View Item