Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Pilihan Pakaian Remaja Dalam Pergaulan Sehari-Hari Masyarakat Aceh Tengah

Dwirani, 190401005 (2025) Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Pilihan Pakaian Remaja Dalam Pergaulan Sehari-Hari Masyarakat Aceh Tengah. Other thesis, Uin ar-raniry.

[thumbnail of membahas tentang media instagram terhadap pilihan pakaian remaja] Text (membahas tentang media instagram terhadap pilihan pakaian remaja)
SKRIPSI DWI SIAP CETAK-1-19.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (11MB)
[thumbnail of membahas tentang media instagram terhadap pilihan pakaian remaja] Text (membahas tentang media instagram terhadap pilihan pakaian remaja)
SKRIPSI DWI SIAP CETAK (3).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Pilihan Pakaian Remaja dalam Pergaulan Sehari-Hari Masyarakat Aceh Tengah”. Keberadaan media sosial Instagram telah mempengaruhi perilaku remaja, termasuk dalam hal pemilihan pakaian yang digunakan dalam pergaulan sehari-hari. Fenomena ini terlihat pada remaja di Kabupaten Aceh Tengah yang sering kali memilih pakaian yang tidak sesuai dengan syariat, hanya demi mengikuti tren yang berkembang di media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penggunaan media sosial Instagram di kalangan remaja di Aceh Tengah serta dampaknya terhadap pilihan pakaian remaja dalam pergaulan sehari-hari. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Informan penelitian terdiri dari remaja dan orangtua remaja. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Instagram di kalangan remaja dimulai pada periode 2020–2022, di mana Instagram digunakan sebagai sarana hiburan dan pencarian informasi terkait tren, termasuk tren fhision. Media sosial Instagram memberikan dampak signifikan terhadap pilihan pakaian remaja dalam pergaulan sehari-hari, di mana banyak pakaian yang mereka lihat di Instagram berusaha untuk dimiliki, meskipun pembeliannya dilakukan secara daring melalui platform seperti Shopee dan e-commerce lainnya. Pakaian-pakaian tersebut kemudian digunakan dalam kehidupan sehari-hari sebagai bagian dari tren yang berkembang di masyarakat, untuk menarik perhatian saat bergaul. Penelitian ini juga menemukan bahwa peran orang tua dalam mengontrol penggunaan media sosial berbeda-beda. Beberapa remaja mendapatkan pengawasan yang baik, sementara yang lainnya tidak mendapatkan pengawasan secara optimal.

Kata Kunci: Media Sosial Instagram, Pilihan Pakaian Remaja, Pergaulan Sehari-hari.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Dwirani Dwirani
Date Deposited: 18 Jan 2025 03:43
Last Modified: 18 Jan 2025 03:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/42452

Actions (login required)

View Item
View Item