Nia Nisa, 200201154 (2025) Kompetensi Pedagogik Guru Akidah Akhlak di MTSN 4 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
![[thumbnail of Kompetensi Pedagogik Guru Akidah Akhlak di MTSN 4 Banda Aceh]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Nia Nisa, 200201154, FTK, PAI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB)
Abstract
Kompetensi pedagogik guru Akidah Akhlak di MTsN 4 Banda Aceh meliputi kemampuan dalam mengelola pembelajaran secara efektif, menyampaikan materi dengan baik, serta membimbing siswa untuk mengembangkan potensi diri mereka sesuai dengan nilai-nilai agama Islam. Kompetensi ini berperan penting dalam membentuk karakter siswa secara holistik. Adapun rumusan masalah daripada penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana penerapan kompetensi pedagogik guru Akidah Akhlak di MTsN 4 Banda Aceh? (2) Bagaimana minat belajar Akidah Akhlak peserta didik di MTsN 4 Banda Aceh? (3) Apakah kompetensi pedagogik guru Akidah Akhlak berperan dalam meningkatkan minat belajar peserta didik di MTsN 4 Banda Aceh?. Metode Penelitian yang digunakan didalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil daripada penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penerapan Kompetensi Pedagogik Guru Akidah Akhlak di MTsN 4 Banda Aceh mencerminkan upaya mendukung pembelajaran yang efektif melalui pemahaman dan penerapan aspek-aspek penting, seperti perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pengembangan potensi peserta didik. (2) Minat belajar Akidah Akhlak peserta didik terlihat dari aspek perasaan senang, ketertarikan, perhatian, dan keterlibatan. (3) Kompetensi pedagogik guru berperan penting dalam meningkatkan minat belajar melalui strategi efektif, seperti menciptakan suasana menyenangkan, menyampaikan materi secara menarik, menggunakan metode variatif, membangun komunikasi efektif, memberikan umpan balik, dan mendorong pengembangan diri siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nia Nisa Nisa |
Date Deposited: | 18 Jan 2025 02:33 |
Last Modified: | 18 Jan 2025 02:33 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/42457 |