Kesulitan Siswa dalam Keterampilan Menulis (Studi Analisis) di MAS Darul Hikmah Kajhu Aceh Besar.

Uswatun Husna, 180202125 (2025) Kesulitan Siswa dalam Keterampilan Menulis (Studi Analisis) di MAS Darul Hikmah Kajhu Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Kesulitan Siswa dalam Keterampilan Menulis (Studi Analisis) di MAS Darul Hikmah Kajhu Aceh Besar.] Text (Kesulitan Siswa dalam Keterampilan Menulis (Studi Analisis) di MAS Darul Hikmah Kajhu Aceh Besar.)
SKRIPSI REVISI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Kesulitan adalah permasalahan atau hambatan, dimana seseorang memiliki kendala dalam mencapai keterampilan. Keterampilan menulis merupakan keterampilan berbahasa arab yang menuntut siswa untuk mempelajari secara bertahap sesuai jenjangnya masing-masing. Dan keterampilan bahasa arab memiliki hubungan dengan keterampilan bahasa lainnya (mendengar, membaca dan berbicara). Keterampilan menulis menduduki tingkat ke 4, yaitu keterampilan yang paling sulit dipelajari kecuali dengan sering berlatih. Peneliti melakukan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa dalam keterampilan menulis, faktor-faktor dan solusinya. Metode dalam Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif untuk pengumpulan data menggunakan instrument observasi pembelajaran keterampilan menulis, wawancara dengan guru dan siswa, dokumentasi yang berkaitan dengan penilitian ini. Populasi berjumlah 109 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah 24 siswa kelas 1 Mas Darul Hikmah. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Peneliti memperhatikan bahwa beberapa siswa pada semester pertama belum dapat menulis dengan benar, dan terdapat kesulitan yang mereka hadapi dalam keterampilan menulis, termasuk linguistik dan non-linguistik. karena beberapa sebab, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari keterampilan menulis. Permasalahan pada penelitian ini yaitu: Siswa kesulitan menulis huruf hijaiayah, menyambung huruf arab, menghafal kosa kata, menerjemahakan kata, memahami kaidah dan menerapkan kaidah.. Namun, yang menjadi sebab utama kesulitan siswa adalah: Siswa dari latar belakang yang berbeda, siswa jarang berlatih menulis bahasa arab dan siswa tidak berminat belajar bahasa arab.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Uswatun Husna Husna
Date Deposited: 18 Jan 2025 03:05
Last Modified: 18 Jan 2025 03:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/42504

Actions (login required)

View Item
View Item