Pengembangan LKPD untuk Kemampuan Komunikasi Berbasis TaRL

Annisa Asma Azizah, 200205031 (2025) Pengembangan LKPD untuk Kemampuan Komunikasi Berbasis TaRL. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan LKPD untuk Kemampuan Komunikasi  Berbasis TaRL] Text (Pengembangan LKPD untuk Kemampuan Komunikasi Berbasis TaRL)
SKRIPSI Annisa Asma Azizah 200205031.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis peserta didik sering kali belum didukung oleh bahan ajar yang sesuai dengan tingkat kemampuan mereka, akibatnya peserta didik kesulitan memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Teaching at the Right Level (TaRL) pada materi bangun ruang sisi datar fase D kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII MTsN 3 Banda Aceh. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, dan angket kepraktisan guru serta peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan praktis. Validasi materi memperoleh persentase 83,59%, sedangkan validasi media mendapat persentase 93,01%, keduanya dinyatakan sangat valid. Uji kepraktisan oleh guru memperoleh persentase 92,50%, dan oleh peserta didik memperoleh persentase 88,13%, keduanya dinyatakan sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut, LKPD berbasis TaRL yang dikembangkan telah memenuhi kriteria sangat valid dan sangat praktis, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Annisa Asma Azizah
Date Deposited: 18 Jan 2025 02:54
Last Modified: 18 Jan 2025 02:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/42509

Actions (login required)

View Item
View Item