Feli Yuana, 180202194 (2025) Penerapan Media Stop Motion untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis pada Siswa di MAN 2 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
![[thumbnail of Penerapan Media Stop Motion untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis pada Siswa di MAN 2 Aceh Besar]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_FELI_YUANA REVISI2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
Abstract
Dari hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti di MAN 3 Aceh Besar, bahwa siswa belum mampu menulis kalimat tunggal. Beberapa siswa tidak menyukai bahasa Arab yang menyebabkan mereka lemah dalam keterampilan menulis, terutama dalam memahami susunan kalimat bahasa Arab. Berdasarkan permasalahan ini, peneliti ingin membantu siswa untuk meningkatkan keterampilan menulis dengan memanfaatkan media pembelajaran dan mencoba menggunakan media Stop motion untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas pembelajaran menggunakan media Stop motion dalam pengajaran keterampilan menulis. Dan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode Stop motion dalam meningkatkan keterampilan menulis. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatifl dengan desain One Group Pre-test – Post-test. Sedangkan populasi penelitian ini adalah semua siswa di MAN 3 Aceh Besar yang berjumlah 135 siswa. Peneliti mengambil sampel penelitian di kelas pertama (B) yang berjumlah 23 siswa. Peneliti menyajikan lembar observasi langsung, pre-test, dan post-test sebagai alat penelitian. Dan penggunaan analisis data adalah uji normalitas (Uji Normalitas) dan uji homogenitas (Uji Homogenitas) serta uji (Paired Sample T-Test) menggunakan SPSS versi 26. Hasil penelitian berdasarkan observasi langsung terhadap kegiatan sekolah adalah 85,71% dan observasi langsung terhadap kegiatan siswa adalah 87,5%. Karena keduanya berada dalam rentang 81-100%, yang berarti sangat baik. Adapun hasil uji (Paired Sample T-Test) mencapai tingkat signifikansi (2-tailed) Sig 0,000. Dan itu lebih kecil dari hasil pada tingkat signifikansi 0,05, yang menunjukkan bahwa hipotesis nol Ho ditolak dan hipotesis alternatif Ha diterima. Oleh karena itu, penggunaan metode Stop motion efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Feli Yuana Feli |
Date Deposited: | 18 Jan 2025 02:52 |
Last Modified: | 18 Jan 2025 02:52 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/42511 |