Rita Faradilla, 210202195 (2025) Fa'aliyatu Thariqati Suggestopedia Li Tarqiyati Qudrati Thalabi 'Ala Maharatil Qira'ah Bi SMP 19 Percontohan Boarding School Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of pengaruh sugestopedia terhadap maharah qiraah]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Rita Faradilla.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
Abstract
Permasalahan dalam proses pengajaran bahasa arab di SMP 19 Percontohan Boarding School Banda Aceh adalah siswa tidak memahami pembelajaran bahasa arab dengan baik, dan juga gurunya tidak menggunakan metode atau media pembelajaran yang sesuai serta menarik. Oleh karena itu beberapa dari siswa malas untuk mempelajari bahasa arab karena mereka berpikir bahwa bahasa arab adalah Bahasa yang lebih sulit untuk dipelajari dari bahasa asing lainnya. Adapun tujuan dari Penelitian ini untuk mengetahui keefektifan dan jawaban siswa terhadap penggunaan metode Suggestopedia dalam pembelajaran bahasa arab pada siswa kelas VII di SMP 19 Percontohan Boarding School Banda Aceh. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode eksperimen dengan One Group Pre- Test, Post- Test Design. Peneliti menggunakan pre- test, post- test, dan angket sebagai metode pengumpulan data. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah penggunaan metode Suggestopedia efektif meningkatkan kemampuan membaca siswa dalam Teks bahasa arab di SMP 19 Percontohan Boarding School Banda Aceh. Buktinya hasil Uji Paired Sample T- Test berada pada taraf signifikansi 0,000 Sig. (2-tailed) lebih kecil dari hasil tingkat signifikansi sebesar 0,05. Respon siswa yang tinggi dalam pembelajaran bahasa arab dengan metode Suggestopedia pada siswa kelas VII SMP 19 Percontohan Boarding School Banda Aceh. Peneliti mengandalkan data yang diperoleh sebesar: 87,5% , dan hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Suggestopedia positif dalam mempelajari bahasa arab. Maka hasil dari penelitian tersebut adalah 80% efektif untuk guru dan 87,5% efektif untuk murid.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 400 Languages (Bahasa) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Rita Faradilla Rita |
Date Deposited: | 18 Jan 2025 02:29 |
Last Modified: | 18 Jan 2025 02:29 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/42536 |