Pengembangan E-LKPD Berbasis Contextual Teaching and Learning pada Kurikulum Merdeka Belajar dalam Materi Reaksi Kimia di SMA Insan Madani

Syilfa Amajida, 190208041 (2025) Pengembangan E-LKPD Berbasis Contextual Teaching and Learning pada Kurikulum Merdeka Belajar dalam Materi Reaksi Kimia di SMA Insan Madani. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan E-LKPD Berbasis Contextual Teaching and Learning pada Kurikulum Merdeka Belajar dalam Materi Reaksi Kimia di SMA Insan Madani] Text (Pengembangan E-LKPD Berbasis Contextual Teaching and Learning pada Kurikulum Merdeka Belajar dalam Materi Reaksi Kimia di SMA Insan Madani)
SYILFA AMAJIDA, 190208041, FTK, PKM, 085376281063.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Perubahan kurikulum tidak lepas dari perkembangan zaman di era digital, peserta didik memerlukan materi pembelajaran yang dapat dimanfaatkan secara independen atau mandiri dan dapat digunakan kapanpun dan dimanapun. LKPD bertujuan mendorong peserta didik untuk menjadi pembelajar yang mandiri. Peneliti telah melakukan wawancara awal dengan peserta didik dan guru kimia di SMA Insan Madani Meukek Aceh Selatan, menunjukkan bahwa pembelajaran masih belum menggunakan bahan ajar dengan bantuan elektronik berbasis kontekstual. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kelayakan dan respon peserta didik terhadap pengembangan e-LKPD berbasis CTL. Penelitian ini memakai tahapan metode penelitian dan pengembangan (R&D) menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Dengan menggunakan uji validitas, menghasilkan skor rata-rata keseluruhan dengan persentase 83,32% dengan kategori “sangat valid”. Serta penyebaran angket respon peserta didik skor masing-masing diperoleh pada jawaban sangat setuju (SS) mendapatkan persentase sebesar 55,55%, peserta didik memberikan jawaban setuju (S) sebesar 40,45%, pada jawaban kurang setuju (KS) peserta didik diperoleh persentase sebesar 4%, sedangkan pada kategori jawaban tidak setuju (TS) dan sangat tidak setuju (STS) sama-sama diperoleh persentase yaitu 0%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Syilfa Amajida Syilfa
Date Deposited: 18 Jan 2025 02:50
Last Modified: 18 Jan 2025 02:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/42537

Actions (login required)

View Item
View Item