Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Di SD Pulo Seunong Kecamatan Tangse Kabupaten Pidie

Zahrul Fuadi, 190201179 (2025) Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Di SD Pulo Seunong Kecamatan Tangse Kabupaten Pidie. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of ZAHRUL FUADI, 190201179 (2025).pdf] Text
ZAHRUL FUADI, 190201179 (2025).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Hasil observasi awal, penulis melihat bahwa dalam pembelajaran, guru masih menggunakan metode ceramah saja, hal ini mengakibatkan siswa kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran, siswa menjadi bosan, tidak memperhatikan guru, berbicara saat guru mengajar, keadaan ini dapat menurunkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu penulis ingin meneliti bagaimana Strategi Kepala sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di SD Pulo Seunong Kecamatan Tangse Kabupaten Pidie. Dengan pertanyaaan penelitian 1. Bagaimana perencanaan Kepala Sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru di SD Pulo Seunong Kecamatan Tangse Kabupaten Pidie. 2. Bagaimana pelaksanaan Kepala Sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru di SD Pulo Seunong Kecamatan Tangse Kabupaten Pidie. 3. Bagaimana kendala-kendala Kepala Sekolah dalam meningkatkan kompetensi Guru di SD Pulo Seunong Kecamatan Tangse Kabupaten Pidie. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru di SD Pulo Seunong, Kecamatan Tangse, Kabupaten Pidie. Fokus penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, serta kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam proses peningkatan kompetensi guru. Hasil penelitian diharapkan memberikan pemahaman yang mendalam tentang upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui pengembangan kompetensi tenaga pendidik.Populasi dalam penelitian 1 orang kepala sekolah, 1 orang wakil Kepala Sekolah, dan 10 orang guru. Semua populasi menjadi sampel dalam penelitian ini yang dikenal dengan total sampling. Sampelnya 12 orang yaitu 1 orang Kepala Sekolah, 1 orang wakil Kepala Sekolah, dan 10 orang guru. Tehnik pengambilan sampel menggunakan Total sampling, tehnik pengambilan data mengunakan observasi dan wawancara, tela’ah dokumen, dengan tehnik Analisa data deskriktif kualitatif. Hasil temuan di lapangan kompetensi guru di SD Pulo Seunong adalah sarjana s1. Perencanaan Kepala Sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru di SD Pulo Seunong Kecamatan Tangse Kabupaten Pidie dengan cara mengadakan workshop, pembentukan KKG dan mengadakan pelatihan. Pelaksanaan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru di SD Pulo Seunong Kecamatan Tangse Kabupaten Pidie telah melaksanakan worshop, pembentukan KKG, dan pelatihan. Kendala-kendala Kepala Sekolah dalam meningkatkan kompetensi Guru di SD Pulo Seunong Kecamatan Tangse Kabupaten Pidie, adalah keterbatasan anggaran, resistensi terhadap perubahan, keterbatasan waktu dan kurangnya fasilitas pendukung seperti internet

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 207 Misi dan Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zahrul Fuadi
Date Deposited: 18 Jan 2025 03:43
Last Modified: 18 Jan 2025 03:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/42582

Actions (login required)

View Item
View Item