Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa dalam Tema Berbagai Pekerjaan pada MIN Mesjid Raya Banda Aceh.

Hayatun Rahmi, 201223447 (2017) Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa dalam Tema Berbagai Pekerjaan pada MIN Mesjid Raya Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Penerapan Model Project Based Learning]
Preview
Text (Membahas tentang Penerapan Model Project Based Learning)
Hayatun Rahmi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini beranjak dari permasalahan yang penulis temukan pada MIN Mesjid Raya Banda Aceh. Permasalahan tersebut penulis ketahui berdasarkan observasi dilapangan yang pernah penulis lakukan di MIN Mesjid Raya Banda Aceh, proses pembelajaran IPA itu hanya mencatat dan menghafal, sehingga siswanya kesulitan dan susah dalam menguasai materi. Salah satu penyebabnya adalah keterbatasan guru dalam memilih model pembelajaran yang bervariasi dengan materi pembelajaran, sehingga terjadi kejenuhan siswa dalam belajar dan membuat siswa kurang kreatif dalam mempelajari materi yang diajarkan. Dalam hal ini peneliti menerapkan model project based learning. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui aktivitas guru dalam penerapan model project based learning dalam tema berbagai pekerjaan dikelas IV MIN Mesjid Raya Banda Aceh, 2) untuk mengetahui aktivitas siswa dalam penerapan model project based learning dalam tema berbagai pekerjaan dikelas IV MIN Mesjid Raya Banda Aceh, 3) untuk mengetahui penerapan model project based learning untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam tema berbagai pekerjaan dikelas IV MIN Mesjid Raya Banda Aceh. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVa MIN Mesjid Raya Banda Aceh tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 45 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa dan rubrik tingkat kreativitas siswa dengan menggunakan analisis rumus persentase. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh aktivitas guru pada siklus I skor rata-rata 66,66% dengan kategori kurang dan meningkat pada siklus II skor 93,75% dengan kategori baik sekali. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I skor 65,38% dengan kategori kurang dan pada siklus II diperoleh skor 90,38% dengan kategori baik sekali. Dari pengolahan tingkat kreativitas siswa dari siklus I dan II dengan menerapkan model project based learning diperoleh nilai rata-rata siklus I skor 62,5% dengan kategori kurang dan pada siklus II skor 81,25% dengan kategori baik dan terjadi perbedaan disetiap siklus pembelajaran, Artinya terdapat peningkatkatan tingkat kreativitas siswa dengan penerapan model project based learning (PBL) dari sebelumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Wati Oviana, M.Pd 2.Suhelayanti, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Model Project Based Learning, Kreativitas Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hayatun Rahmi
Date Deposited: 30 Jul 2018 03:20
Last Modified: 30 Jul 2018 03:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4260

Actions (login required)

View Item
View Item