Namira Ramadhani, 210502020 (2025) Al-Wasaṭiyah Fī Agniyah “Ad-Dīn Tamāmu Al-Akhlāq” Li Heba Misyari Ḥamada Wa “Ahlan Akhī” lI Humood Alkhuḍer (Dirāsah Muwāzanah). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.
![[thumbnail of Al-Wasaṭiyah Fī Agniyah “Ad-Dīn Tamāmu Al-Akhlāq” Li Heba Misyari Ḥamada Wa “Ahlan Akhī” lI Humood Alkhuḍer (Dirāsah Muwāzanah)]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Namira Ramadhani, 210502020, FAH, BSA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini berjudul Moderasi dalam Lirik Lagu “Ad-dīn Tamam Al-Akhlāq” Karya ‘Heba Mishary Hamada dan “Ahlan Akhī” Karya Humood Alkhudr (Kajian Keseimbangan)”. Kedua lagu ini memiliki pesan moderasi beragama meski ditulis dengan latar belakang dan penulis yang sama-sama berkewarganegaraan Kuwait. Lagu “Ad-dīn Tamām Al-Akhlāq” ditulis oleh Heba Mishary Hamada, lagu ini mengandung pesan toleransi dan perdamaian antar umat beragama. Adapun lagu "Ahlan Akhi” ditulis oleh Humood Al Khudr dengan pesan dan seruan persatuan dan perdamaian. Tujuan penelitian ini ialah mengungkap persamaan dan perbedaan juga bentuk keseimbangan pesan dari kedua karya tersebut. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis dengan mengunakan indikator Moderasi Beragama menurut Kementrian Agama Republik Indonesia, melalui membaca, mendengar dan mengeksplorasi kedua lagu tersebut. Adapun hasil penelitian yang peneliti temukan bahwa kedua lagu tersebut sama-sama memiliki unsur moderasi, namun didalam lirik ‘Ahlan akhi’ tidak terdapat unsur; akomodatif terhadap budaya lokal, sebagaimana yang terdapat dalam lirik lagu “Ad-Dīn Tamām Al-Akhlāq”.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 400 Languages (Bahasa) |
Divisions: | Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Bahasa dan Sastra Arab |
Depositing User: | Namira Ramadhani |
Date Deposited: | 18 Jan 2025 02:56 |
Last Modified: | 18 Jan 2025 02:56 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/42601 |