Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) pada Pelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas IV MIN Lamtamot Aceh Besar

Aida Oktariza, 201223373 (2017) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) pada Pelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas IV MIN Lamtamot Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran Kooperatif]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran Kooperatif)
Aida Oktariza.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penggunaan model yang tepat dalam proses belajar mengajar akan menjadikan suasanan belajar yang menyenangkan. Dalam proses belajar mengajar, seorang guru diharapkan dapat memberikan pengajaran yang mudah dipahami oleh siswa. Untuk itu perlu diterapkan suatu pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif dan dapat menyelesaikan permasalahan dalam pembelajaran IPA. Salah satu model yang digunakan dalam pelajaran IPA adalah model Kooperatif Tipe Think Pair Share. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui aktivitas guru dengan menggunakan model kooperatif tipe think pair share, (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe think pair share, (3) Untuk hasil belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe think pair share pada materi sumber daya alam kelas IV semester Genap. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan subjek siswa kelas IV MIN Lamtamot Aceh Besar tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 24 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi (guru dan siswa) dan soal tes hasil belajar dengan menggunakan analisis rumus persentase. Berasarkan hasi analisis data penelitian didapatkan bahwa (1) Aktivitas guru pada siklus I sebesar 57,77% berada pada katagori cukup, dan meningkat pada siklus II sebesar 73% (katagori baik), (2) Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 58,88% berada pada katagori cukup, dan meningkat pada siklus II sebesar 72% (katagori baik), (3) Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 66,66% katagori cukup, dan meningkat pada siklus II sebesar 83,33% (katagori baik). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada pelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MIN Lamtamot Aceh Besar sudah tercapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Misbahul Jannah, M.Pd, Ph. D 2.Darmiah, MA
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Kooperatif Tipe Think Pair Share
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aida Oktariza
Date Deposited: 30 Jul 2018 03:05
Last Modified: 30 Jul 2018 03:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4261

Actions (login required)

View Item
View Item