Pemanfaatan Getah Karet (Hevea Brasiliensis) Untuk Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Dalam Implemnetasi Kurikulum Merdeka Di SMAN 1 Simpang Kiri

Nuryani Kasman, 190208075 (2025) Pemanfaatan Getah Karet (Hevea Brasiliensis) Untuk Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Dalam Implemnetasi Kurikulum Merdeka Di SMAN 1 Simpang Kiri. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pemanfaatan Getah Karet (Hevea Brasiliensis) Untuk Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Dalam Implemnetasi Kurikulum Merdeka Di SMAN 1 Simpang Kiri] Text (Pemanfaatan Getah Karet (Hevea Brasiliensis) Untuk Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Dalam Implemnetasi Kurikulum Merdeka Di SMAN 1 Simpang Kiri)
SKRIPSI YANI YUDIS ACC yg btul yani.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[thumbnail of Pemanfaatan Getah Karet (Hevea Brasiliensis) Untuk Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Dalam Implemnetasi Kurikulum Merdeka Di SMAN 1 Simpang Kiri] Text (Pemanfaatan Getah Karet (Hevea Brasiliensis) Untuk Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Dalam Implemnetasi Kurikulum Merdeka Di SMAN 1 Simpang Kiri)
SKRIPSI YANI YUDIS ACC yg btul yani - Copy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Pemanfaatan sumber daya alam lokal seperti getah karet menjadi hal yang inovatif untuk mendukung pembelajaran berbasis proyek yaitu Project Based Learning (PjBL) dalam implementasi kurikulum merdeka di SMAN 1 Simpang Kiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktifitas siswa terhadap pemanfaatan getah karet melalui pembelajaran Project Based Learning dalam implementasi kurikulum merdeka, dan mengetahui respon peserta didik terhadap pemanfaatan getah karet melalui pembelajaran Project Based Learning dalam implementasi kurikulum merdeka.Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi tim ahli oleh 3 validator, lembar observasi, dan angket respon peserta didik. Teknik analisis data yang dgunakan pada penelitian ini adalah analisis lembar validasi ahli, analisis lembar observasi, dan analisis angket respon peserta didik. Hasil penelitian dari ketiga validator tehadap LKPD dengan persentase sebesar 81,66% dengan kriteria “cukup valid” atau dapat digunakan namun perlu revisi kecil. %. Berdasarkan hasil observasi untuk melihat aktivitas siswa sebesar 91,36%dengan kategori sangat baik angket respon peserta didik diperoleh sebesar 82,6% dengan kategori sangat setuju. Kesimpulan dari penelitian yang telah dilakukan adalah pemanfaatan getah karet untuk pembelajaran project based learning dalam implementasi kurikulum merdeka mendapat hasil yang sangat baik dilakukan bagi peserta didik dan mendapat respon sangat setuju dari peserta didik di SMAN 1
Simpang Kiri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Nuryani kasman Nuryani
Date Deposited: 18 Jan 2025 03:53
Last Modified: 18 Jan 2025 03:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/42637

Actions (login required)

View Item
View Item