Pemanfaatan Web Padlet Untuk Pembuatan Lembar Refleksi Peserta Didik Melalui Gaya 4C dan Round Robin dalam Pembelajaran Kimia Di SMAS Darussa’adah Teupin Raya.

Fathania Putri, 190208079 (2025) Pemanfaatan Web Padlet Untuk Pembuatan Lembar Refleksi Peserta Didik Melalui Gaya 4C dan Round Robin dalam Pembelajaran Kimia Di SMAS Darussa’adah Teupin Raya. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pemanfaatan Web Padlet Untuk Pembuatan Lembar Refleksi   Peserta Didik Melalui Gaya 4C dan Round Robin dalam      Pembelajaran Kimia Di SMAS Darussa’adah Teupin Raya.] Text (Pemanfaatan Web Padlet Untuk Pembuatan Lembar Refleksi Peserta Didik Melalui Gaya 4C dan Round Robin dalam Pembelajaran Kimia Di SMAS Darussa’adah Teupin Raya.)
Fathania Putri.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[thumbnail of Pemanfaatan Web Padlet Untuk Pembuatan Lembar Refleksi   Peserta Didik Melalui Gaya 4C dan Round Robin dalam      Pembelajaran Kimia Di SMAS Darussa’adah Teupin Raya.] Text (Pemanfaatan Web Padlet Untuk Pembuatan Lembar Refleksi Peserta Didik Melalui Gaya 4C dan Round Robin dalam Pembelajaran Kimia Di SMAS Darussa’adah Teupin Raya.)
Fathania Putri Copy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Pemanfaatan web padlet untuk pembuatan lembar refleksi pembelajaran kimia dilatarbelakangi dengan adanya peningkatan pemahaman mengenai teknologi yang membuat dunia pendidikan harus berevolusi demi meningkatkan mutu pendidikan melalui pembelajaran berbasis profil pelajar pancasila dalam implementasi kurikulum merdeka melalui kegiatan refleksi yang dapat membantu dan memudahkan guru dan siswa untuk bertukar informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas siswa dalam memanfaatkan web padlet dalam melakukan refleksi pembelajaran kimia, mengetahui respon siswa dan guru terhadap pemanfaatan web padlet untuk pembuatan lembar refleksi pembelajaran kimia di SMAS Darussa’adah Teupin Raya. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 yang berjumlah 20 orang siswa, dan peneliti tidak akan mendalami semua sampel, peneliti hanya akan mengambil 3 peserta didik saja serta satu orang guru kimia. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan angket. Instrumen penelitian terdiri dari lembar pedoman wawancara, lembar observasi aktivitas siswa, lembar angket respon siswa. Hasil analisis aktivitas kegiatan siswa pada aspek pengetahuan berada pada kategori baik dengan perolehan poin 4. Sedangkan hasil observasi siswa pada aspek keterampilan diperoleh hasil bahwa kemampuan menggunakan media padlet termasuk kategori sangat baik. Keaktifan siswa dengan skor 4 dimana siswa selalu aktif dalam kegiatan diskusi mengenai cara menggunakan media padlet, dapat diketahui siswa sangat bersemangat dalam mengaplikasikan web padlet. Hasil respon siswa terhadap pemanfaatan web padlet untuk pembuatan lembar refleksi pembelajaran kimia diperoleh persentase jawaban sangat setuju dan setuju yaitu sebesar 98% dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil respon guru terhadap pemanfaatan web padlet untuk pembuatan lembar refleksi pembelajaran kimia di SMAS Darussa’dah Teupin Raya memberikan jawaban positif dengan kategori “Sangat Baik”.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Fathania Putri
Date Deposited: 18 Jan 2025 05:39
Last Modified: 18 Jan 2025 05:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/42658

Actions (login required)

View Item
View Item