Penggunaan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Tema Kerukunan dalam Bermasyarakat di Kelas V MIN 32 Aceh Besar

Munawir, 201325061 (2018) Penggunaan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Tema Kerukunan dalam Bermasyarakat di Kelas V MIN 32 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Metode Eksperimen]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Eksperimen)
Munawir.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan  Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (653kB) | Preview

Abstract

Dalam proses belajar mengajar dibutuhkan beberapa komponen yaitu strategi yang baik dalam mengajar, guru yang memiliki keterampilan, siswa yang aktif dalam pembelajaran dan pemilihan metode yang tepat oleh guru. Rendahnya keaktivan siswa dan kemampuan guru serta pemahaman siswa terutama dalam pembelajaran tema 3 dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah kreativitas guru dalam memilih metode yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Salah satu cara untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa, keaktivan belajar siswa sertab kemampuan guru dalam mengajar adalah dengan menggunakan metode eksperimen. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa serta peningkatan pemahaman konsep siswa pada tema 3 “Kerukunan dalam Bermasyarakat” pada materi Rangkaian Listrik. Penelitian ini dilakukan di MIN 32 Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan rancangan penelitian pre-test , treatment dan Post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MIN 32 Aceh Besar. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V/A MIN 32 Aceh Besar yang berjumlah 20 orang siswa yang pengambilan sampelnya dilakukan secara stratified sample. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan lembar observasi guru dan siswa serta soal tes pre-test dan pos-test. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kemampuan guru dalam mengajar 95% dan nilai rata-rata keaktivan belajar siswa 90%, nilai rata-rata pemahaman siswa adalah 80.75. Hasil Analisis uji t diperoleh thitung < ttabel atau 0,029 < 1.729. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Aktivitas Guru sangat baik, Aktivitas siswa juga sangat baik serta terjadi peningkatan pemahaman konsep siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Tasnim Idris, M.Ag 2. Al Juhra,S.Sos,I,M.S.I
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Aktivitas, Pemahaman Konsep, Metode Eksperimen
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Munawir Munawir
Date Deposited: 26 Jul 2018 09:45
Last Modified: 26 Jul 2018 09:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4266

Actions (login required)

View Item
View Item