Pembelajaran Keterampilan Generik Sains pada Materi Getaran dan Gelombang di MTsN 4 Aceh Besar

Domas Fattahillah Rahmat, 190204078 (2025) Pembelajaran Keterampilan Generik Sains pada Materi Getaran dan Gelombang di MTsN 4 Aceh Besar. Diploma thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pembelajaran Keterampilan Generik Sains pada Materi Getaran dan Gelombang di MTsN 4 Aceh Besar] Text (Pembelajaran Keterampilan Generik Sains pada Materi Getaran dan Gelombang di MTsN 4 Aceh Besar)
Domas Fattahillah Rahmat.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Keterampilan generik sains sangat penting bagi peserta didik karena melatih keterampilan berpikir logis, interaktif, kritis dan inovatif, yang disesuaikan dengan perkembangan kemampuan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat penilaian keterampilan generik sains pada materi getaran dan gelombang, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII MTsN 4 Aceh Besar. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Purpposive Sampling, pada kelas VIII C Aceh Besar yang berjumlah 32 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar soal keterampilan generik sains dan dokumentasi untuk hasil belajar peserta didik pada materi getaran dan gelombang. Teknik analisis menggunakan statistik korelasi yang berperan dalam keterampilan generik sains. Pada hasil penelitian diperoleh nilai rxy = 0,79 dan koefisien determinasi 62,41%. Terlihat dalam penilaian keterampilan genrik sains pada materi getaran dan gelombang masih ada faktor eksternal yang menjadikan pembelajaran belum maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Domas Fattahillah Rahmat Domas
Date Deposited: 18 Jan 2025 06:50
Last Modified: 18 Jan 2025 06:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/42708

Actions (login required)

View Item
View Item