Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Di SMP Negeri 1 Lhoknga Aceh Besar

Intan Ajirna, 180206031 (2025) Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Di SMP Negeri 1 Lhoknga Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Intan Ajirna, 180206031, FTK, MPI, 081299405254.pdf] Text
Intan Ajirna, 180206031, FTK, MPI, 081299405254.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu lulusan di SMP Negeri 1 Lhoknga, Aceh Besar. Mutu lulusan merupakan indikator penting dalam menilai keberhasilan pendidikan di sekolah. Sebagai lembaga pendidikan di Aceh Besar, SMP Negeri 1 Lhoknga memiliki peran penting dalam mencetak generasi muda yang berkualitas, namun masih menghadapi tantangan dalam mencapai mutu lulusan yang tinggi, seperti ketimpangan prestasi akademik dan kurangnya inovasi dalam pembelajaran. Berdasarkan data nilai Ujian Nasional selama tiga tahun terakhir, terdapat stagnasi dalam pencapaian hasil belajar. Evaluasi internal juga menunjukkan kurangnya dukungan orang tua sebagai faktor penghambat kualitas lulusan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru, dan tata usaha di SMP Negeri 1 Lhoknga. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu lulusan meliputi penyebaran visi dan misi kepada seluruh warga sekolah, analisis kebutuhan sekolah, perumusan strategi yang mendukung tujuan, keterlibatan semua stakeholder, serta penerapan sistem pemantauan dan evaluasi. Selain itu, pentingnya penyesuaian kebijakan berdasarkan analisis mendalam, kolaborasi, dan penyesuaian sistematis juga ditekankan. Sikap dan komitmen terhadap pendidikan sangat berpengaruh terhadap mutu lulusan. Meskipun kekurangan sumber daya menjadi tantangan, perencanaan dan pengelolaan sumber daya yang optimal serta inovasi dalam pendekatan pendidikan dapat mengatasi hal tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Intan Ajirna
Date Deposited: 20 Jan 2025 02:05
Last Modified: 20 Jan 2025 02:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/42756

Actions (login required)

View Item
View Item