Implementasi Pendidikan Moral Melalui Nilai-Nilai Kearifan Lokal Di TK IT Syeikh Abddurauf

Siti Mariana, 190210017 Implementasi Pendidikan Moral Melalui Nilai-Nilai Kearifan Lokal Di TK IT Syeikh Abddurauf. Journal of Islamic Education Students.

[thumbnail of Implementasi Pendidikan Moral Melalui  Nilai-Nilai Kearifan Lokal Di TK IT Syeikh Abddurauf] Text (Implementasi Pendidikan Moral Melalui Nilai-Nilai Kearifan Lokal Di TK IT Syeikh Abddurauf)
Siti Mariana , 190210017, FTK, PIAUD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan moral merupakan usaha atau kegiatan dalam membina kepribadian para peserta didik agar menuju ketingkat yang lebih baik lagi, baik itu dalam dimensi pengetahuan, kreatifitas, akhlak, dan kepribadian melalui nilai-nilai kearifan lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan moral dilakukan secara efektif melalui penerapan nilai- nilai kearifan lokal di TK IT Syeikh Abddurauf. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Serta teknik dalam analisis data pada penelitian ini meggunakan teknik Miles dan Huberman yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarik kesimpulan (conclusion drawing). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode yang digunakan dalam pembelajaran implemetasi pendidikan moral melalui nilai-nilai kearifan lokal sudah efektif serta telah diterapkan dalam kurikulum dan kehidupan sehari-hari.

Item Type: Article
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Siti Mariana
Date Deposited: 20 Jan 2025 03:13
Last Modified: 20 Jan 2025 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/42763

Actions (login required)

View Item
View Item