Penerapan Model Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN Kuta Lengat Aceh Tenggara

Nola Ervina, 200209081 (2025) Penerapan Model Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN Kuta Lengat Aceh Tenggara. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Model Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN Kuta Lengat Aceh 		  Tenggara] Text (Penerapan Model Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN Kuta Lengat Aceh Tenggara)
REVISI SKRIPSI NOLA SELESAI 3 januari.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[thumbnail of Penerapan Model Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN Kuta Lengat Aceh  Tenggara] Text (Penerapan Model Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN Kuta Lengat Aceh Tenggara)
REVISI SKRIPSI NOLA SELESAI 3 januari - Copy (2).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini masih kurangnya kemampuan membaca pemahaman siswa terutama dalam memahami isi teks bacaan pada kelas IV semester I SDN Kuta Lengat Aceh Tenggara. Oleh karena itu peneliti berupaya meningkatkan kemampuan membaca dengan menggunakan model reciprocal teaching pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan peneliti ini adalah (1) Untuk mengetahui aktivitas guru melalui model reciprocal teaching pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN Kuta Lengat Aceh Tenggara. (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa melalui penerapan model reciprocal teaching pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN Kuta Lengat Aceh Tenggara. (3) Untuk menganalisis peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui penerapan model reciprocal teaching pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN Kuta Lengat Aceh Tenggara. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Kuta Lengat Aceh Tenggara yang berjumlah 25 siswa dengan kreteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP) Individual 75% dan klasikal 80%. Reciprocal teaching data dilakukan dengan tes, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan model reciprocal teaching kelas IV SDN Kuta Lengat Aceh Tenggara Dua Hal ini dibuktikan pada siklus I peserta didik yang meningkat membaca pemahaman 40% atau 10 peserta didik dari 15 peserta didik, pada siklus II yang meningkat membaca pemahaman 76% atau 19 peserta didik dari 6 peserta didik. Pada siklus III yang meningkat membaca pemahaman 84% atau 21 peserta didik dari 4 peserta didik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model reciprocal teaching dapat meningkatkan membaca pemahaman siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia peserta didik kelas IV SDN Kuta Lengat Aceh Tenggara 2024-2025

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nola Ervina Nola
Date Deposited: 20 Jan 2025 02:46
Last Modified: 20 Jan 2025 02:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/42765

Actions (login required)

View Item
View Item