Munawarah, 160210058 (2025) Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Di TK IT Al-Jannah. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
![[thumbnail of Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Di TK IT Al-Jannah]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Munawarah Fixs.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
![[thumbnail of Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Di TK IT Al-Jannah]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Munawarah Fixs - Copy (2).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
Abstract
Strategi guru merupakan suatu cara yang digunakan guru dalam menciptakan suasana pembelajaran untuk dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Kemampuan bahasa anak adalah kemampuan yang dimiliki anak dalam mengungkapkan bahasa dan dalam memahami bahasa dengan lingkungan disekitarnya. Permasalahan yang ditemukan dilapangan adalah kurangnya kemampuan anak dalam berbahasa . Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi guru yang digunakan dalam meningkatkan kemampuan bahasa anak di TK IT Al-Jannah. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh objek penelitian. penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 4 orang guru pada TK IT Al-Jannah, dan teknik dalam memilih sampel sebagai subjek penelitian ini adalah teknik purposive sampling, yaitu penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Berdasarkan hasil wawancara dengan 4 orang guru di TK IT Al-Jannah, adalah bahwa perkembangan kemampuan bahasa pada anak di TK IT Al-Jannah sudah mulai berkembang dengan baik pada kemampuan bahasa ekspresif, namun masih belum berkembang pada kemampuan bahasa reseptif anak. Adapun strategi yang digunakan guru adalah bekerja sama, bercakap-cakap, tanya jawab dan diskusi, yang mengarah pada jenis strategi pembelajaran interaktif. Strategi bercerita dan bermain peran mengarah pada jenis strategi pembelajaran tidak langsung.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Munawarah Muna |
Date Deposited: | 21 Jan 2025 04:08 |
Last Modified: | 21 Jan 2025 04:08 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/42932 |