Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Peningkatan Daya Saing Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kota Banda Aceh

Muhammad Irsal Fahmi, 190604040 (2025) Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Peningkatan Daya Saing Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kota Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Muhammad Irsal Fahmi, 190604040 (2025) 1.pdf] Text
Muhammad Irsal Fahmi, 190604040 (2025) 1.pdf

Download (2MB)

Abstract

Strategi Pemasaran adalah upaya memasarkan sebuah produk, baik itu barang atau jasa dengan menggunakan pola rencana dan taktik tertentu sehingga jumlah penjualan menjadi lebih tinggi. Salah satu strategi dalam mengembangkan usaha ialah dengan menerapkan Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel produk, harga, tempat, dan promosi terhadap peningkatan daya saing UMKM di Kota Banda Aceh. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi linier berganda, penelitian ini melibatkan 100 sampel yang dipilih berdasarkan perhitungan rumus Slovin dari populasi sebanyak 34.428 UMKM di Banda Aceh. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel produk berpengaruh signifikan terhadap peningkatan daya saing dengan t hitung sebesar 2,835 dan signifikansi 0,006 (p < 0,05). Variabel harga juga berpengaruh signifikan dengan t hitung sebesar 4,754 dan signifikansi 0,000 (p < 0,05). Namun, variabel tempat tidak berpengaruh signifikan dengan t hitung sebesar 0,106 dan signifikansi 0,916 (p > 0,05), sehingga hipotesis ketiga ditolak. Selain itu, variabel promosi berpengaruh signifikan dengan t hitung sebesar 2,720 dan signifikansi 0,008 (p < 0,05). Secara simultan, hasil uji F menunjukkan bahwa produk, harga, tempat, dan promosi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap peningkatan daya saing UMKM dengan nilai F hitung sebesar 108,848, lebih besar dari F tabel 2,47. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa produk, harga, dan promosi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap peningkatan daya saing, sedangkan tempat tidak berpengaruh signifikan. Selain itu, produk, harga, tempat, dan promosi secara simultan berpengaruh terhadap peningkatan daya saing UMKM di Kota Banda Aceh..
Kata Kunci: Produk, Harga, Tempat, Promosi, Peningkatan Daya Saing dan UMKM

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ilmu Ekonomi
Depositing User: Muhammad Irsal Fahmi
Date Deposited: 21 Jan 2025 04:35
Last Modified: 21 Jan 2025 04:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/42970

Actions (login required)

View Item
View Item