Pengaruh strategi promosi, fluktuasi harga emas dan digitalisasi terhadap minat bertransaksi tabungan emas di pt. Pegadaian cabang banda aceh

Tryandi Hayatullah, 200603085 (2025) Pengaruh strategi promosi, fluktuasi harga emas dan digitalisasi terhadap minat bertransaksi tabungan emas di pt. Pegadaian cabang banda aceh. Diploma thesis, Uin Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh strategi promosi, fluktuasi harga emas dan digitalisasi terhadap minat bertransaksi tabungan emas di pt. Pegadaian cabang banda aceh] Text (Pengaruh strategi promosi, fluktuasi harga emas dan digitalisasi terhadap minat bertransaksi tabungan emas di pt. Pegadaian cabang banda aceh)
SKRIPSI TRYANDI,200603085_organized.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Transakasi Tabungan Emas di PT. Pegadaian Syariah adalah layanan penitipan saldo emas yang memudahkan masyarakat untuk berinvestasi emas. Jumlah nasabah tabungan emas pada Pegadaian Cabang Banda Aceh mengalami perubahan, dimana pada tahun 2022 sebanyak 1.936 nasabah, 2023 sebanyak 2.117 dan 2024 sebanyak 2.028 nasabah. Dalam penelitian ini peneliti ingin melihat pengaruh dari variabel independen terhadap perubahan jumlah nasabah tersebut. Penelitian ini menggunakan data primer sebagai sumbernya, pengambilan sampel menggunakan Teknik purposive sampling dengan metode menggunakan metode slovin dalam menentukan jumlahnya dan didapatkan 100 responden yang diambil dari para nasabah pengguna tabungan PT. Pegadaian Banda Aceh dengan populasi 2.028. Pengolahan data menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan software SPSS versi 25. Hasil dari penelitian ini juga menunjukkan bahwa t hitung pada Variabel X1, X2 dan X3 > t tabel, yang dapat disimpulkan bahwa secara parsial setiap variabel Independen dalam penelitian ini berpengaruh dan signifiikan terhadap Minat Bertransaksi Tabungan Emas di PT. Pegadaian Cabang Banda Aceh (Y). Dalam penelitian ini, sebesar 57,3% minat bertransaksi emas di PT. Pegadaian Banda Aceh dipengaruhi oleh ketiga variabel dalam penelitian ini, sedangkan 42,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat dilihat bahwa strategi promosi, fluktuasi harga emas dan digitalisasi memiliki peran dalam mempengaruhi minat masyarakat terhadap produk tabungan emas pada Pegadaian cabang Banda Aceh. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa diperlukan rancangan promosi yang lebih maksimal dari pihak Pegadaian sendiri dalam memasarkan produk mereka, serta lebih memperkenalkan lagi sistem digitalisasi yang dimiliki pihak Pegadaian agar dapat memudahkan para masyarakat. hal tersebut dikarenakan banyak masyarakat yang masih awam dan belum mengetahui bahwa produk atau layanan yang ditawarkan Pegadaian cabang Banda Aceh dapat diakses melalui aplikasi digital milik Pegadaian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 338 Produksi > 338.5 Ekonomi Produksi Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Tryandi Hayatullah
Date Deposited: 21 Jan 2025 07:41
Last Modified: 21 Jan 2025 07:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/43000

Actions (login required)

View Item
View Item