Penerapan Modul Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Kesiapan Karir Siswa Masuk Perguruan Tinggi Di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya

Teuku Musyir Arianda, 190213040 (2025) Penerapan Modul Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Kesiapan Karir Siswa Masuk Perguruan Tinggi Di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Modul Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Kesiapan  Karir  Siswa  Masuk  Perguruan  Tinggi  Di  SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya] Text (Penerapan Modul Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Kesiapan Karir Siswa Masuk Perguruan Tinggi Di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya)
Teuku Musyir Arianda, 190213040, FTK, BK, 081360441143.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[thumbnail of Penerapan Modul Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Kesiapan  Karir  Siswa  Masuk  Perguruan  Tinggi  Di  SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya] Text (Penerapan Modul Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Kesiapan Karir Siswa Masuk Perguruan Tinggi Di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya)
Teuku Musyir Arianda, 190213040, FTK, BK, 081360441143 - Copy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada modul role playing untuk meningkatkan kesiapan karir siswa untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi, bertujuan untuk penerapan modul teknik role playing untuk meningkatk kesiapan karir siswa/i melanjutkan pendidikan tinggi. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya, dimana penelitian ini bertujuan untuk menambah pengetahuna kesiapan karir siswa/i untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan mengembangkan modul teknik role playing yang dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation). Uji validitas penelitian divalidasi oleh ahli menggunakan materi, media, dan bahasa, dan hasilnya menunjukkan bahwa modul role playing mempunyai kategori “sangat baik sekali”. Studi tersebut menemukan bahwa bermain peran dapat meningkatkan kesiapan karir siswa/i untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Ini membantu siswa terhadapa pengetahuan kesiapan karir siswa, mengembangkan keterampilan pemecahan masalah, dan berpartisipasi aktif dalam simulasi profesional. Hal ini memberikan kontribusi terhadap kesiapan karir siswa untuk mencapai tujuan mereka dan memberikan kontribusi terhadap keberhasilan masa depan mereka. Kesimpulannya, penelitian ini menyoroti pentingnya pengetahuan perguruan tinggui untuk meningkatkan kesiapan karir siswa melanjutkan pendidikan tinggi. Dengan menerapkan metode teknik role playing, sekolah dapat lebih menunjang kesiapan karir siswanya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Teuku Musyir Arianda
Date Deposited: 21 Jan 2025 08:05
Last Modified: 21 Jan 2025 08:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/43006

Actions (login required)

View Item
View Item