Pengaruh Pengaruh Diskon Tanggal Kembar dan Online Customer Review Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif di Marketplace dalam Perspektif Islam Pada Masyarakat Kota Banda Aceh

Ikhwanul Farissa, 200602090 (2025) Pengaruh Pengaruh Diskon Tanggal Kembar dan Online Customer Review Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif di Marketplace dalam Perspektif Islam Pada Masyarakat Kota Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Diskon Tanggal Kembar, Online Customer Review, Perilaku Pembelian Impulsif, dan Perspektif Islam] Text (Diskon Tanggal Kembar, Online Customer Review, Perilaku Pembelian Impulsif, dan Perspektif Islam)
Ikhwanul Farissa, 200602090, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Kebiasaan berbelanja secara online membuat masyarakat cenderung melakukan pembelian impulsif. Secara Islam pembelian impulsif dianggap boros dan tidak bijak karena Islam mengajarkan untuk berbelanja dengan pertimbangan yang matang, mengendalikan diri dan menggunakan harta untuk hal-hal yang bermanfaat dan benar-benar dibutuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh diskon tanggal kembar dan online customer review secara parsial dan simultan serta perbedaan terhadap perilaku pembelian impulsif di marketplace dalam perspektif Islam pada masyarakat kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif komparatif dengan menyebarkan kuesioner. Hasil Penelitian menunjukkan diskon tanggal kembar secara parsial berpengaruh terhadap perilaku pembelian impulsif e-commerce Shopee, sedangkan pada e-commerce Tokopedia tidak berpengaruh. Online customer review Shopee dan Tokopedia secara parsial tidak berpengaruh terhadap perilaku pembelian impulsif. Diskon tanggal kembar dan online customer review secara simultan berpengaruh terhadap perilaku pembelian impulsif Shopee dan tidak berpengaruh pada e-commerce Tokopedia. Variabel diskon tanggal kembar, online customer review, dan perilaku pembelian impulsif pada e-commerce Shopee dan Tokopedia tidak memiliki perbedaan yang signifikan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Ikhwanul Farissa Ikhwanul
Date Deposited: 21 Jan 2025 08:23
Last Modified: 21 Jan 2025 08:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/43007

Actions (login required)

View Item
View Item