Pengembangan Buku Mufradat dengan Menggunakan LKPD Berlandaskan Madkhal Siyaqi (Pendekatan Kontekstual)

Zulfan, 221004024 (2024) Pengembangan Buku Mufradat dengan Menggunakan LKPD Berlandaskan Madkhal Siyaqi (Pendekatan Kontekstual). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Buku Mufradat dengan Menggunakan LKPD Berlandaskan Madkhal Siyaqi (Pendekatan Kontekstual)] Text (Pengembangan Buku Mufradat dengan Menggunakan LKPD Berlandaskan Madkhal Siyaqi (Pendekatan Kontekstual))
ZULFAN, 221004024, PASCA PBA, 082288231727 _compressed.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (19MB)

Abstract

Dayah Darul Ihsan merupakan dayah yang sangat memperhatikan terhadap pembelajaran Bahasa Arab, salah satunya pembelajaran Mufradat (kosa kata). Namun berdasarkan fakta yang diamati oleh peneliti bahwa siswa menghadapi kesulitan dalam menguasai Mufradat (kosa kata). Hal ini berdasarkan hasil ujian Mufradat (kosa kata) akhir semester yang diperoleh siswa kurang dari nilai KKN, yaitu dibawah 60. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti ingin mengembangkan buku Mufradat (kosa kata) dalam bentuk LKPD berlandaskan Madkhal Siyaaqi (pendekatan kontekstual). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara mengembangkan buku Mufradat (kosa kata) dalam bentuk LKPD berlandaskan Madkhal Siyaaqi (pendekatan kontekstual). Dan untuk mengetahui keefektifan pembuatan Mufradat (kosa kata) dalam bentuk LKPD berlandaskan Madkhal Siyaaqi (pendekatan kontekstual) terhadap peningkatan kemampuan siswa dalam memahami Mufradat. Serta untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan LKPD mufrodat berlandaskan Madkhal Siyaaqi (pendekatan kontekstual) dalam pembelajaran Mufradat. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan uslub ADDIE. Adapun instrument penelitian yang peneliti gunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, tes, dan angket. Adapun nilai validitas produk LKPD mufrodat berlandaskan Madkhal Siyaaqi memperoleh nilai sangat baik. Adapun hasil pre-test dan post-test memperoleh tingkat Signifikansi (2- tailed) .000 lebih kecil 0.05 setelah uji T menggunakan program "SPSS 22". Ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) dapat diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Adapun hasil angket respon siswa terhadap pembelajaran mufradat dengan LKPD Berlandaskan Madkhal Siyaqi memperoleh nilai 83% yang bermakna sangat baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 400 Languages (Bahasa) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Zulfan Zulfan
Date Deposited: 22 Jan 2025 04:25
Last Modified: 24 Feb 2025 01:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/43038

Actions (login required)

View Item
View Item