Strategi Peningkatan Pemahaman Gender Pada Mahasiswa (Studi pada Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh)

Resma Hayatun Muna, 200401047 (2025) Strategi Peningkatan Pemahaman Gender Pada Mahasiswa (Studi pada Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Strategi Peningkatan Pemahaman Gender Pada Mahasiswa  (Studi pada Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA)  Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh)] Text (Strategi Peningkatan Pemahaman Gender Pada Mahasiswa (Studi pada Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh))
Skripsi_Resma_ACC_Sidang[1] (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[thumbnail of Strategi Peningkatan Pemahaman Gender Pada Mahasiswa  (Studi pada Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA)  Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh)] Text (Strategi Peningkatan Pemahaman Gender Pada Mahasiswa (Studi pada Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh))
Skripsi_Resma_ACC_Sidang[1] (1) - Copy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Pemahaman yang mendalam mengenai gender menjadi penting dalam membangun kesadaran kritis mengenai isu-isu ketidaksetaraan dan diskriminasi gender dalam masyarakat. Mahasiswa berperan penting dalam membantu menciptakan lingkungan akademis dan sosial yang lebih inklusif dan adil. Peran Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) di kampus UIN Ar-Raniry sangat penting adanya dalam mengupayakan kampus yang responsif gender. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi dan mengeksplorasi mengenai strategi-strategi Pusat Studi Gender dan Anak dalam meningkatkan pemahaman gender pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan teori S-O-R (Stimulus-Organism-Response). Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa stimulus atau strategi PSGA dalam meningkatkan pemahaman gender pada mahasiswa adalah dengan melakukan sosialisasi-sosialisasi, gender champion, seminar edukasi, dan publikasi artikel jurnal. Strategi PSGA dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa memperoleh respon yang berbeda. Pemahaman gender pada mahasiswa UIN Ar-Raniry bergantung pada rangsangan yang diberikan PSGA dalam meningkatkan pemahaman mengenai gender.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Resma Hayatun Muna
Date Deposited: 22 Jan 2025 02:33
Last Modified: 22 Jan 2025 02:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/43049

Actions (login required)

View Item
View Item