Dinda Ergagita Wisesa Erdi, 200202134 (2025) Desain Materi Ajar Menggunakan Power Point add in Inknoe Classpoint Untuk Pembelajaran Istima'. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Penelitian ini bertujuan untuk merancang materi ajar Power Point add in Inknoe Classpoint untuk pembelajaran Istima'..]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Dinda Ergagita Wisesa Erdi, 200202134.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (9MB)
![[thumbnail of Penelitian ini bertujuan untuk merancang materi ajar Power Point add in Inknoe Classpoint untuk pembelajaran Istima'..]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Dinda Ergagita Wisesa Erdi, 200202134 cover-Bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang materi ajar Power Point add in Inknoe Classpoint untuk mengajarkan listening. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah Design Based Research (DBR). Metode pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah observasi, wawancara, dokumen, dan kuesioner, dan Para ahli untuk penelitian ini terdiri dari empat orang ahli dan lima orang guru bahasa Arab. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perancangan materi ajar dengan Power Point add in Inknoe Classpoint terdiri dari empat langkah, yaitu: 1) Menganalisis kebutuhan dan masalah: Guru perlu menggunakan metode penjelasan, tidak menggunakan metode yang sesuai dan bervariasi, dan guru tidak mengembangkan bahan ajar untuk mengajarkan keterampilan menyimak. 2) Desain produk: Menggunakan Microsoft Power Point, Inknoe Classpoint, Canva, IIElevenLabs, dan YouTube untuk mendesain produk. 3) Penilaian formatif dan rangkuman: Validasi untuk konten, bahasa, dan desain. Hasil validasi mendapat nilai "Sangat Baik". 4) Distribusi: Guru bahasa Arab menilai bahwa bahan ajar yang dirancang oleh peneliti dapat membantu dalam mengajarkan keterampilan menyimak.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 400 Languages (Bahasa) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Dinda Ergagita Wisesa Erdi |
Date Deposited: | 24 Jan 2025 02:32 |
Last Modified: | 24 Jan 2025 02:32 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/43118 |