Strategi Komunikasi Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Aceh Dalam Penyelesaian Laporan Masyarakat

Muhammad Rohan Ghaffaruddin, 190401073 (2025) Strategi Komunikasi Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Aceh Dalam Penyelesaian Laporan Masyarakat. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang strategi komunikasi Ombudsman] Text (Membahas tentang strategi komunikasi Ombudsman)
SKRIPSI MUHAMMAD ROHAN GHAFFARUDDIN 190401073 FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[thumbnail of Membahas tentang strategi komunikasi Ombudsman] Text (Membahas tentang strategi komunikasi Ombudsman)
MUHAMMAD ROHAN GHAFFARUDDIN 190401073 cover-Bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti strategi komunikasi persuasif yang digunakan oleh Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Aceh dalam menangani laporan masyarakat dan mengevaluasi keberhasilan yang dicapainya. Dengan pendekatan deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi di kantor Ombudsman Aceh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ombudsman menerapkan strategi komunikasi yang beragam, memanfaatkan berbagai saluran seperti media sosial dan aplikasi digital untuk menjangkau lebih banyak masyarakat. Pendekatan partisipatif yang berfokus pada transparansi dan keterbukaan juga diutamakan, sehingga membangun kepercayaan masyarakat untuk melaporkan permasalahan. Namun, terdapat tantangan besar seperti keterbatasan sumber daya manusia, anggaran yang terbatas, dan kurangnya kesadaran masyarakat mengenai peran Ombudsman yang menghambat efektivitasnya. Ombudsman terus berupaya meningkatkan kapasitas petugas melalui pelatihan dan pengembangan keterampilan. Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun Ombudsman Aceh telah berupaya keras dalam meningkatkan kualitas layanan publik, masih ada ruang untuk perbaikan, terutama dalam penguatan sumber daya manusia dan optimalisasi teknologi informasi. Penelitian ini menyarankan untuk meningkatkan kinerja Ombudsman melalui kampanye kesadaran masyarakat dan evaluasi rutin terhadap strategi komunikasi yang diterapkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Muhammad Rohan Ghaffaruddin
Date Deposited: 30 Jan 2025 05:45
Last Modified: 30 Jan 2025 05:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/43149

Actions (login required)

View Item
View Item