Nur Jasmi, 431307423 (2018) Pelayanan Perawat terhadap Pasien pada Puskesmas Kluet Selatan di Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Nur Jasmi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB) | Preview
Form B dan Form D.pdf
Download (543kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini berjudul: “Pelayanan Perawat Terhadap Pasien pada Puskesmas Kluet Selatan di Aceh Selatan”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan perawat di puskesmas Kluet Selatan di Aceh Selatan, mengetahui respon pasien terhadap kualitas pelayanan yang diberikan perawat di puskesmas Kluet Selatan, untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan perawat dalam memberikan pelayanan terhadap pasien di Puskesmas Kluet Selatan di Aceh Selatan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Qualitative Research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi pada Puskesmas Kluet Selatan di Aceh Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan perawat di Puskesmas Kluet Selatan Kabupaten Aceh Selatan tidak jauh berbeda dengan pelayan yang ada di puskesmas lainnya di Indonesia, yaitu melayani dengan cara mendengarkan, menanggapi dan menindaklanjuti dari keluhan pasien terhadap penyakit yang dideritanya. Adapun respon pasien terhadap kualitas pelayanan yang diberikan perawat di Puskesmas Kluet Selatan di Aceh Selatan kurang puas dengan berbagai macam alasan yang di sampaikan seperti, kurang sopan dalam melayani, kurangnya tegur sapa bahkan cenderung sombong dalam melayani, penjelasan dari dokter tentang penyakit yang diderita pasien tidak jelas sehingga tidak dapat di pahami dengan baik oleh pasien, serta sering mengulur waktu untuk mengambil keputusan dalam melakukan tindakan. Namun ada juga pasien yang merasa bagus terhadap pelayanan yang diberikan pasien. Kelebihan dan kekurangan perawat dalam memberikan pelayanan terhadap pasien di Puskesmas Kluet Selatan di Aceh Selatan, seperti kendala terhadap keluarga pasien yang cenderung keras kepala sehingga pelayanan yang diberikan tidak efektif, fasilitas yang kurang memadai, tidak adanya dokter spesialis gigi dan gizi yang banyak dibutuhkan oleh pasien, serta tenaga adminitrasi tidak ada dan anggaran yang tidak mencukupi sehingga kendala ini perlu di selesaikan dalam waktu dekat. Sedangkan peluang yang dirasakan adalah kerjasama yang baik antar perawat sehingga memudahkan untuk melakukan program kerja ditambah dengan kerja keras dari perawat meskipun mereka kebanyakan bakti tanpa digaji.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : 1. Dr. Jailani, M.Si; 2. Raihan, S.Sos.,MA |
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan, Perawat, Pusat Kesehatan Masyarakat |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 361 Masalah dan pelayanan kesejahteraan sosial pada umumnya > 361.1 Masalah sosial |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah |
Depositing User: | Nur Jasmi |
Date Deposited: | 26 Jul 2018 09:25 |
Last Modified: | 26 Jul 2018 09:25 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4316 |