Motivasi dan Problematika dalam Menghafal Al-Qur’an di SMA Plus Al-‘Athiyah Beurawe Kecamatan Kuta Alam Banda Aceh

Addini Rahmayani, 211222317 (2017) Motivasi dan Problematika dalam Menghafal Al-Qur’an di SMA Plus Al-‘Athiyah Beurawe Kecamatan Kuta Alam Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Motivasi dan Problematika dalam Menghafal Al-Qur'an]
Preview
Text (Membahas tentang Motivasi dan Problematika dalam Menghafal Al-Qur'an)
ADDINI RAHMAYANI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (138kB) | Preview

Abstract

Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana motivasi dan problematika anak dalam menghafal Al-Qur’an di SMA Plus Al-‘Athiyah Beurawe Kuta Alam Banda Aceh. Adapun yang menjadi rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana minat dan motivasi siswa dalam menghafal Al-Qur’an? bagaimana metode dan pendekatan yang dilakukan guru dalam menghafal Al-Qur’an? dan bagaimana kompetensi guru dalam meningkatkan prestasi hafalan Al-Qur’an siswa di SMA Plus Al-‘Athiyah Beurawe Kecamatan Kuta Alam Banda Aceh? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui minat dan motivasi siswa dalam menghafal Al-Qur’an, metode dan pendekatan yang dilakukan guru dalam menghafal Al-Qur’an dan kompetensi guru dalam meningkatkan prestasi hafalan Al-Qur’an siswa di SMA Plus Al-‘Athiyah Beurawe Kecamatan Kuta Alam Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan metode analisis deskriptif dengan menggunakan data primer dan sekunder yang diperoleh melalui observasi, wawancara, angket dan telaah dokumentasi. Hasil Penelitian menujukkan bahwa motivasi dan minat siswa dalam menghafal Al-Qur’an sangat tinggi, hal ini terlihat dari respon siswa sebagian besar (75%) siswa setuju untuk membaca Al-Qur’an setiap hari, lebih sari setengah (55%) setuju bahwa menghafal Al-Qur’an wajib bagi setiap umat muslim karena kepercayaan dan keyakinan serta motivasi yang kuat dalam dirinya. Metode guru bervariasi dalam pembelajaran tahfizul qur’an sesuai dengan kolompok masing-masing yaitu metode tasmi’ dan talaqqi. Kompetensi guru untuk meningkatkan prestasi hafalan siswa yaitu dengan menerapakan sistem muraja’ah yang kuat agar kualitas hafalan siswa tidak mudah lupa dan dapat menambah jumlah hafalan dengan cepat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Prof. Dr. H. Farid Wajdi Ibrahim, MA 2. Dr. Saifullah, S.Pd.I, MA
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Problematika, Menghafal Al-Qur’an
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.7 Musabaqah Tilawatil Qur'an, Hafalan Al-Quran, Cerdas Cermat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email muhammadfurqan_0407@yahoo.com
Date Deposited: 14 Aug 2018 02:40
Last Modified: 14 Aug 2018 02:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4317

Actions (login required)

View Item
View Item