Strategi Komunikasi Politik Tuanku Muhammad Anggota DPRK Banda Aceh Periode 2019-2024

Nursaady Ibrahim, 201007016 (2025) Strategi Komunikasi Politik Tuanku Muhammad Anggota DPRK Banda Aceh Periode 2019-2024. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang strategi komunikasi politik Tuanku Muhammad] Text (Membahas tentang strategi komunikasi politik Tuanku Muhammad)
Nursaady Ibrahim, 201007016 (2015) cover-Bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[thumbnail of Membahas tentang strategi komunikasi politik Tuanku Muhammad] Text (Membahas tentang strategi komunikasi politik Tuanku Muhammad)
Nursaady Ibrahim, 201007016 (2015).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih lanjut mengenai hal yang melatarbelakangi kemenangan Tuanku Muhammad dalam pemilihan umum periode 2019 sebagai anggota DPRK Kota Banda Aceh dan peneliti juga ingin mengetahui terkait bentuk strategi komunikasi politik Tuanku Muhammad selama menjabat sebagai wakil rakyat dalam mengemban amanah tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan dan mengungkap serta menggambarkan dan menjelaskan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dan orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Hasil penelitian diperoleh bahwa Tuanku Muhammad menggunakan strategi komunikasi politik yang berfokus pada pendekatan personal, pemetaan audiens, dan kolaborasi. Ia mengidentifikasi kelompok pemilih kunci, memanfaatkan relasi keluarga, serta mengadakan pertemuan langsung untuk menyampaikan visi dan misi. Melalui kolaborasi dengan caleg DPR RI dan DPRA dalam poster bersama yang meningkatkan visibilitasnya. Dukungan Partai Keadilan Sejahtera (PKS), yang memiliki basis kuat di dapilnya, juga turut mendongkrak suaranya. Keterlibatan langsung di masyarakat melalui program gotong royong berhasil mengajak mereka untuk terlibat langsung dalam berbagai kegiatan kampanye pemenangannya. Dan dengan modal kampanye yang terbatas, ia mengutamakan keterhubungan emosional dengan masyarakat, yang terbukti sukses memenangkan pemilu. Adapun strategi komunikasi Politik yang digunakan selama menjabat sebagai anggota DPRK Banda Aceh tahun 2019-2024 yaitu; pemanfaatan media massa, media online, komunikasi media, komunikasi massa dan face to face (bertatap muka).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nur Saady Ibrahim
Date Deposited: 30 Jan 2025 09:52
Last Modified: 30 Jan 2025 09:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/43172

Actions (login required)

View Item
View Item