Muhammad Ikhsan, 211004001 (2024) Pengembangan LKPD Dengan Pendekatan Komunikatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Darul Aitami Meureubo Aceh Barat. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.
![[thumbnail of Membahas tentang pendekatan komunikasi untuk meningkatkan keterampilan berbicara]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Muhammad Ikhsan, 211004001, PPS, PBA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB)
![[thumbnail of Membahas tentang pendekatan komunikasi untuk meningkatkan keterampilan berbicara]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Muhammad Ikhsan, 211004001, PPS, PBA cover-Bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
Abstract
Peneliti menemukan masalah bahwa proses pengajaran dan pembelajaran bahasa Arab, terutama dalam mengajarkan keterampilan berbicara yang dilakukan oleh guru bahwa siswa sulit memahami makna kosakata, dan sulit dalam menghafal dialog yang sesuai dengan materi pembelajaran, dan tidak memahami pola kalimat yang sesuai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berdasarkan pendekatan komunikatif untuk meningkatkan keterampilan berbicara di Dayah Darul Aitami Meureubo Aceh Barat, dan untuk mengetahui efektivitas pengembangan LKPD dengan pendekatan komunikatif untuk meningkatkan keterampilan berbicara, dan untuk mengetahui respon siswa untuk mengembangkan LKPD berdasarkan pendekatan komunikatif untuk meningkatkan keterampilan berbicara. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah 30 siswa kelas 1. Hasil penelitian adalah guru dapat memberikan percakapan kepada siswa, sehingga siswa dapat mengambil peran dalam percakapan, dan guru memerintahkan siswa untuk menyusun kata bahasa Arab dengan tata bahasa yang benar. Guru memberikan LKPD tentang dialog dan pernyataan aturan tata bahasa dialog. Pencapaian tes dalam tabel menunjukkan -6.730 yaitu tingkat signifikansi 0.000 kurang dari 0.05 (0.000>0.05). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) dapat diterima hal ini menunjukkan bahwa pencapaian pengembangan LKPD berdasarkan pendekatan komunikatif dapat meningkatkan keterampilan bicara efektif. T-Test program SPSS adalah 80,67%, mengingat skor respons 80%-100% dianggap sangat efektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 400 Languages (Bahasa) |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Muhammad Ikhsan |
Date Deposited: | 31 Jan 2025 07:31 |
Last Modified: | 31 Jan 2025 07:31 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/43179 |