Abul Khairi, 200209135 (2024) Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Dengan Penggunaan Strategi Giving Questions And Getting Answer Siswa Kelas V SDN Cot Bambu Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Membahas tentang peningkatan keaktifan belajar]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Abul Khairi, 200209135, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB)
![[thumbnail of Membahas tentang peningkatan keaktifan belajar]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Abul Khairi, 200209135, FTK, PGMI cover-Bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
Abstract
Keaktifan siswa merupakan salah satu faktor penting dalam proses pembelajaran di sekolah. Hasil temuan yang peneliti lakukan di SDN Cot Bambu Aceh Besar tepatnya di kelas V dilatarbelakangi masih banyak siswa yang belum mampu mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan, bahkan belum mampu melaksanakan tugas diskusi dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa di kelas melalui penerapan strategi Giving Questions and Getting Answer. Strategi ini melibatkan pemberian pertanyaan secara aktif oleh guru dan mendorong siswa untuk memberikan jawaban serta tanggapan mereka. Dengan menggunakan strategi ini, diharapkan interaksi antara guru dan siswa dapat meningkat, serta partisipasi siswa dalam proses pembelajaran menjadi lebih aktif. Penelitian dilakukan di sebuah sekolah dengan melibatkan sejumlah siswa dari kelas V. Data dikumpulkan melalui Lembar aktivitas guru, lembar aktivitas siswa, dan penilaian keaktifan siswa setelah penerapan strategi Giving Questions and Getting Answer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi ini secara signifikan meningkatkan keaktifan siswa, terlihat dari meningkatnya presentase aktivitas guru dari 75,80 % ke 89,51 %, aktivitas siswa meningkat dari 74,19 % ke 88,70 %, dan keaktifan siswa meningkat dari 70,9 % ke 80,15 %. Temuan ini mengindikasikan bahwa strategi Giving Questions and Getting Answer efektif dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih dinamis dan interaktif
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.1 Organisasi dan Aktivitas pada Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Abul Khairi |
Date Deposited: | 06 Feb 2025 10:50 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 10:50 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/43209 |