Penerapan Model Debat Aktif Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Di MAS Oemar Diyan

Yosrida Ramadhana Putra, 150201043 (2021) Penerapan Model Debat Aktif Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Di MAS Oemar Diyan. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang model debat aktif] Text (Membahas tentang model debat aktif)
Yosrida Ramadhana Putra, 150201043, FTK, PAI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[thumbnail of Membahas tentang model debat aktif] Text (Membahas tentang model debat aktif)
Yosrida Ramadhana Putra, 150201043, FTK, PAI Cover-Bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Dari hasil observasi penelitian di kelas XI MAS Oemar Diyan, penulis melihat masalah kurangnya fokus dalam pembelajaran akidah akhlak siswa hingga menyebabkan hasil belajar tidak sesuai dengan apa yang diinginkan. Kurangnya fokus dalam pembelajaran akidah akhlak siswa disebabkan karena siswa kurang aktif dan berinteraksi dalam mengemukakan pendapatnya, kurang bertanya jawab dengan gurunya, kurang memahami dan menguasai materi yang dipelajari, kurang menguasai informasi serta kurang aktif dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu, penulis mencoba melakukan upaya untuk menciptakan proses belajar mengajar yang aktif, efektif, kreatif dan menyenangkan dengan menerapkan model pembelajaran Debat Aktif. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana aktivitas guru dalam menerapkan model pembelajaran Debat Aktif kelas XI MAS Oemar Diyan? (2) Apakah ada peningkatan dalam pembelajaran akidah akhlak dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Debat Aktif kelas XI di MAS Oemar Diyan?. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui aktivitas guru dalam menerapkan model pembelajaran Debat Aktif kelas XI di MAS Oemar Diyan. (2) Untuk mengetahui peningkatan dalam pembelajaran akidah akhlak dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Debat Aktif kelas XI MAS Oemar Diyan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1) Aktivitas guru kelas eksperimen memperoleh nilai 88,33% (Sangat Baik), dan aktivitas guru kelas kontrol memperoleh nilai 51,66% (Kurang). (2) Dalam pembelajaran akidah akhlak siswa kelas eksperimen memperoleh nilai 80% (Baik), dan dalam pembelajaran akidah akhlak siswa kelas kontrol memperoleh nilai 52% (Kurang), serta hasil belajar siswa dikelas eksperimen memperoleh nilai 73,76, dan hasil belajar siswa dikelas kontrol memperoleh nilai 42,1. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Debat Aktif dapat
meningkatkan dalam pembelajaran akidah akhlak dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.33 Tingkat Tsanawiyah dan Aliyah > 2X7.332 Aliyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yosrida Ramadhana Putra
Date Deposited: 11 Feb 2025 08:40
Last Modified: 11 Feb 2025 08:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/43265

Actions (login required)

View Item
View Item