Pengaruh Kualitas Pelayanan Prima Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Aceh Kantor Pusat Operasional

Sakdun Muhana, 140603201 (2020) Pengaruh Kualitas Pelayanan Prima Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Aceh Kantor Pusat Operasional. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang pelayanan prima] Text (Membahas tentang pelayanan prima)
Sakdun Muhana, 140603201, FEBI, PS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[thumbnail of Membahas tentang pelayanan prima] Text (Membahas tentang pelayanan prima)
Sakdun Muhana, 140603201, FEBI, PS cover-Bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Pelayanan prima merupakan suatu pelayanan terbaik yang diberikan dalam memenuhi harapan dan kebutuhan pelanggan. Pentingnya pelaksanaan pelayanan prima oleh pihak perbankan syariah yaitu untuk memenuhi harapan dan keinginan para nasabah sehingga menimbulkan kepuasan pada nasabah. Dengan memberikan pelayanan prima, bank syariah mampu memahami calon nasabah dan mampu bertindak efektif kepada nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan prima terhadap kepuasan nasabah Bank Aceh Kantor Pusat Operasional melalui dimensi kualitas pelayanan yaitu tangible, reliability, responsive, assurance, dan emphaty. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh nasabah Bank Aceh Kantor Pusat Operasional dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Data yang dipakai adalah data primer melalui penyebaran kuesioner kepada 120 responden. Hasil penelitian ini adalah variabel tangible, responsive, assurance, dan emphaty berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah, sedangkan variabel reliability berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kepuasan nasabah. Variabel yang paling besar pengaruhnya yaitu assurance, sedangkan paling sedikit pengaruhnya yaitu tangible.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Sakdun Muhana
Date Deposited: 14 Feb 2025 04:07
Last Modified: 14 Feb 2025 04:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/43286

Actions (login required)

View Item
View Item