Intan Mutia, 1902009081 (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Media Gambar Seri Tehadap Pemahaman Isi Teks Bacaan Siswa Kelas III SD Negeri Lamklat. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Membahas tentang model pembelajaran kooperatif]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Intan Mutia, 190209081, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB)
![[thumbnail of Membahas tentang model pembelajaran kooperatif]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Intan Mutia, 190209081, FTK, PGMI cover-Bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB)
Abstract
Observasi di kelas III SD Negeri Lamklat penelititi menemukan masalah kesulitan siswa dalam memahami isi teks bacaan. Sebab itulah, menuntut guru untuk menggunakan model dan media yang menyenangkan dan bervariasi dalam pembelajaran agar tercapai tujuan pembelajaran. Sebab itulah, penelitian ini tentang pengaruh model jigsaw yang dibantu dengan menggunakan media gambar seri terhadap pemahaman isi teks bacaan siswa kelas III di SD Negeri Lamklat. Sebab itulah, membuat peneliti tertarik meneliti pengaruh yang timbul dari adanya penggunaan model pembelajaran jigsaw yang dikolaborasikan dengan media gambar berseri untuk pemahaman membaca teks siswa di kelas III SD Negeri Lamklat. Maka, penelitian ini tentang pengaruh model pembelajaran jigsaw dengan media gambar seri terhadap pemahaman isi teks bacaan siswa kelas III SD Negeri Lamklat dengan jenis penelitian kuantitatif pendekatan quali eksperimental design dengan subjek 21 siswa kelas III. Kemudian, data diuji melalui validitas dan realibilitas yang dianalisa dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dan mendapatkan hasil yang dianalisa serta dihitung menggunakan aplikasi SPSS versi 22 for window terdapat adanya pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan media gambar seri terhadap pemahaman isi teks bacaan siswa kelas III dengan hasil uji -t signifikasi sebesar 0,000 < 0,005, maka, Ha diterima H0 ditolak.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Intan Mutia |
Date Deposited: | 12 Feb 2025 12:39 |
Last Modified: | 12 Feb 2025 12:39 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/43292 |