Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dalam Materi Umrah Siswa SMP Islam Al-Falah Abu Lam U

Risky Rahmadhiani, 190201076 (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dalam Materi Umrah Siswa SMP Islam Al-Falah Abu Lam U. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Membahas tentang model pembelajaran] Text (Membahas tentang model pembelajaran)
RISKY_RAHMADHIANI_(190201076)[1].pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[thumbnail of Membahas tentang model pembelajaran] Text (Membahas tentang model pembelajaran)
RISKY_RAHMADHIANI_(190201077)[1] - Copy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Pemanfaatkan metode ceramah sebagai satu-satunya metode pembelajaran di kelas IX-C SMP Islam Al-Falah Abu Lam U belum mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran PAI, dikarekan kurangnya guru dalam pemanfaatan metode pembelajaran yang beragam sehingga kurangnya pengetahuan siswa terhadap materi Umrah yang didalamnya terdapat beberapa perbedaan antara rukun Haji dan Umrah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Team Games Tournament berpengaruh terhadap siswa kelas IX-C pada tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dan menggunakan metode kuasi eksperimen. Adapun hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu: Pada tahap awal pre tes rata-rata nilai siswa sebesar 49,82% dengan tingkat keberhasilan belajar sebesar 10,35 % dengan kategori “tidak baik” yang berada pada interval 0-20%. Selanjutnya pada tahap perlakuan (treatment) peneliti menerapkan model pembelajaran Team Games Tournament kepada siswa selama proses kegiatan belajar berlangsung. Kemudian pada tahap akhir (post-test), siswa diberikan soal dengan nilai rata-rata siswa sebanyak 76,38% dengan tingkat keberhasilan belajar siswa sebesar 72,41 % dengan kategori “baik” yang berada pada interval 61-80%. Adapun selisih peningkatan dari rata-rata nilai siswa yang terjadi antara pre test dan post test sebesar 61,76%. Hasil analisis uji-t berpasangan menunjukkan skor signifikansi (2-tailed) kurang dari 0,000 menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan umrah siswa yang signifikan setelah penerapan model pembelajaran Team Games Tournament. Artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Team Games Tournament efektif meningkatkan pengetahuan umrah siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Risky Rahmadhiani Risky
Date Deposited: 28 Feb 2025 04:04
Last Modified: 28 Feb 2025 04:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/43311

Actions (login required)

View Item
View Item