Peran Guru Dalam Mengenalkan Literasi Keuangan Melalui Kegiatan Bermain Peran Di TK Intan Payong Banda Aceh

Martina Afryani, 200210043 (2024) Peran Guru Dalam Mengenalkan Literasi Keuangan Melalui Kegiatan Bermain Peran Di TK Intan Payong Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang peran guru dalam mengenalkan literasi keuangan] Text (Membahas tentang peran guru dalam mengenalkan literasi keuangan)
Martina Afryani, 200210043, FTK, PIAUD.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[thumbnail of Membahas tentang peran guru dalam mengenalkan literasi keuangan] Text (Membahas tentang peran guru dalam mengenalkan literasi keuangan)
Martina Afryani, 200210043, FTK, PIAUD cover-Bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Mengenalkan literasi keuangan pada anak sejak dini merupakan hal yang harus menjadi perhatian khusus. Penggunaan uang juga termasuk life skill yang harus dikuasai oleh setiap orang agar terhindar dari tipudaya orang lain. Terdapat tiga peran strategis dalam pendidikan literasi keuangan pada anak yang salah satunya dibebankan pada guru untuk berinteraksi dengan mengenalkan literasi keuangan pada anak usia dini. Adapun cara guru dalam mengenalkan literasi keuangan yaitu dengan menggunakan metode bermain peran. Guru yang mengajar dikelas peran makro dan mikro terlihat sangat aktif tetapi saat ingin mencapai tujuan, tentu terdapat beberapa kendala begitupula yang dihadapi oleh guru dalam mengenalkan literasi keuangan pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran guru dalam mengenalkan literasi keuangan menggunakan metode bermain peran pada anak di TK Intan Payong Banda Aceh serta melihat apa saja kendala yang dihadapi oleh guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan wawancara terstruktur dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian terdapat 6 peran guru dalam mengenalkan literasi keuangan pada anak usia dini yaitu sebagai fasilitator, pengelola, demonstrator, pembimbing, motivator, dan evaluator. Sedangkan kendala yang dihadapi oleh guru dalam mengenalkan literasi keuangan pada anak usia dini adalah beberapa anak yang belum siap untuk bermain, anak yang masuk kelas jumlahnya lebih sedikit dari peran yang sudah disiapkan, kemudian anak yang kurang memahami bagaimana menggunakan uang dengan benar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Martina Afryani
Date Deposited: 12 Feb 2025 01:58
Last Modified: 12 Feb 2025 01:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/43320

Actions (login required)

View Item
View Item