Penerapan Strategi Membaca Terbimbing Dengan Bantuan Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas II SDN 4 Banda Aceh

Muhibbal, 190209065 (2024) Penerapan Strategi Membaca Terbimbing Dengan Bantuan Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas II SDN 4 Banda Aceh. Other thesis, Uin Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang strategi membaca terbimbing] Text (Membahas tentang strategi membaca terbimbing)
SKRIPSI Muhibbal, 190209065.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[thumbnail of Membahas tentang strategi membaca terbimbing] Text (Membahas tentang strategi membaca terbimbing)
SKRIPSI Muhibbal, 190209065-1-24.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Hasil studi pendahuluan yang peneliti lakukan di SDN 4 Banda Aceh di kelas ll, terlihat kemampuan membaca peserta didik masih belum maksimal. Terlihat hasil belajar pada pembelajaran Bahasa Indonesia belum mencapai kriteria ketuntasan belajar (KKM) yang telah diterapkan di sekolah yaitu 75 dan secara klasikalnya 75%. Maka perlu adanya strategi membaca terbimbing dengan bantuan media Big Book untuk meningkatkan kemampuan membaca peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca peserta didik dengan melalui penerapan strategi membaca terbimbing dengan bantuan media big book dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas ll yang berjumlah 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi dan tes. Sedangkan teknik analisis data penelitian menggunakan rumus persentase sesuai dengan kriteria keberhasilan yang telah ditentukan. Hasil penelitian adalah aktivitas guru pada siklus l yaitu 72,91% meningkat pada siklus ll menjadi 87,5%. Sedangkan aktivitas siswa memperoleh persentase 66,66% meningkat pada siklus ll menjadi 81,25%. Kemampuan membaca permulaan peserta didik pada siklus l dengan persentase 56,25%% dan meningkat pada siklus ll menjadi 90,62%. Dapat disimpulkan bahwa strategi membaca terbimbing dengan bantuan media Big Book dapat meningkatkan kemampuan membaca peserta didik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhibbal Muhibbal
Date Deposited: 03 Mar 2025 05:36
Last Modified: 03 Mar 2025 05:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/43354

Actions (login required)

View Item
View Item