Nur Najihah Binti Shahrin Nizar, 150303007 (2020) Pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an dengan Metode Iqra’ dan Sima’i di Ma’had Tahfiz Al-Nahdhoh, Pulau Pinang, Malaysia. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Membahas tentang pembelajaran tahfiz Al-Qur'an]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
NUR NAJIHAH BINTI SHAHRIN NIZAR.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB)
![[thumbnail of Membahas tentang pembelajaran tahfiz Al-Qur'an]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
NUR NAJIHAH BINTI SHAHRIN NIZAR - Copy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (5MB)
Abstract
Metode Iqra’ dan Sima’i adalah salah satu di antara banyaknya metode yang telah ada dalam dunia menghafal Al-Qur’an di berbagai belahan dunia yang mana masing-masing metode mempunyai kelebihan tersendiri. Begitu juga dengan Ma’had Tahfiz Al-Nahdhoh, yang menggunakan metode Iqra’ dan Sima’i sebagai pedoman dalam menghafal Al-Qur’an di Ma’had. Kaidah yang diterapkan menjadikan mereka bisa menghafal Al-Qur’an dalam tempo waktu yang singkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana kedua metode tersebut diterapkan pada para santri dari segi teknik dan efektifitasnya serta faktor yang menjadi penunjang serta kendala dalam menghafal Al-Qur’an.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari temuan penelitian ini, metode Iqra’ diajarkan menggunakan Buku Panduan Iqra’ yang di dalamnya terdiri dari jilid satu hingga enam, dan metode Sima’i diterapkan dengan hafalan yang menggunakan media elektronik seperti MP3, audio dan kaset, serta tiga kaidah baru yang diterapkan yaitu sabak, pra sabak / sabak ulang, dan juga tasmi’. Di antara faktor pendukung adalah menghafal dengan menggunakan satu mushaf, dorongan dari orang tua, penerapan metode yang bagus, lingkungan yang kondusif, dan senantiasa mempraktikkan hafalan ketika di dalam salat. Faktor yang menjadi penghambat adalah faktor kesehatan, pengaruh teman yang negatif, kurang muraja’ah, serta tidak bisa membagi waktu dengan betul.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.1 Ilmu-ilmu Al-Qur'an |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir |
Depositing User: | Nur Najihah binti Shahrin Nizar |
Date Deposited: | 13 Feb 2025 02:59 |
Last Modified: | 13 Feb 2025 02:59 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/43386 |