Analisis Program Guru Asuh dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Bagi Siswa SMPN 5 Sabang

Suriati, 221003046 (2025) Analisis Program Guru Asuh dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Bagi Siswa SMPN 5 Sabang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang guru asuh] Text (Membahas tentang guru asuh)
Suriati.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (59MB)
[thumbnail of Membahas tentang guru asuh] Text (Membahas tentang guru asuh)
Suriati cover-Bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Guru asuh adalah guru yang bertugas untuk memberikan pendampingan personal kepada siswa dalam aspek akademik, karakter, dan sosial. Guru asuh adalah sebuah program yang diprakarsai oleh kepala sekolah SMPN 5 Sabang yaitu Bapak Munawar Zainuddin,S.Pd pada tahun 2013.Dalam program ini, seorang guru asuh berperan sebagai pembimbing yang membantu siswa mengatasi tantangan belajar, meningkatkan kedisiplinan, serta membangun nilai-nilai positif seperti tanggung jawab, empati, dan kerja sama.Materi bimbingan karakter meliputi pengenalan diri,etika dan moral,kemampuan sosial ekonomi,kemandirian,tanggung jawab,kerjasama dan komunikasi
,pengambilan keputusan dan kreativitas dan inovasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui program guru asuh, pelaksanaan program, dan keberhasilan program dalam meningkatkan pendidikan karakter bagi siswa SMPN 5 Sabang. Penelitian ini dilakukan dengan studi lapangan yang menggunakan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan SMPN 5 Sabang mengimplementasikan program guru asuh untuk meningkatkan pendidikan karakter siswa melalui mentoring harian, jurnal karakter, dan apresiasi perilaku positif. Program ini juga melibatkan kegiatan sosial seperti bakti sosial, gotong royong, serta penguatan nilai agama dalam Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk membentuk karakter siswa yang tidak hanya berprestasi akademik, tetapi juga bermoral tinggi. Program guru asuh di SMPN 5 Sabang menggunakan pendekatan yang

menggabungkan pembinaan nilai moral dan spiritual melalui mentoring, diskusi rutin, dan kegiatan sosial. Dengan melibatkan guru asuh, guru mata pelajaran, dan guru PAI, program ini mengembangkan nilai-nilai seperti kedisiplinan, kejujuran, dan tanggung jawab, serta membekali siswa dengan karakter positif untuk kehidupan masa depan. Keberhasilan program guru asuh di SMPN 5 Sabang terlihat dari peningkatan sikap dan perilaku siswa, seperti kedisiplinan dan tanggung jawab. Evaluasi dilakukan melalui laporan bulanan, observasi kelas, serta umpan balik dari orang tua. Program ini tidak hanya mendukung perkembangan akademik, tetapi juga membentuk karakter siswa secara holistik, mempersiapkan mereka untuk menjadi individu yang lebih baik di sekolah dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Suriati Sur
Date Deposited: 13 Feb 2025 08:53
Last Modified: 13 Feb 2025 08:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/43399

Actions (login required)

View Item
View Item