Nanda Olivia, 190201169 (2024) Implementasi Psikologi Belajar Terhadap Kemampuan Mahasiswa PAI Dalam Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) (Studi pada MTsS Al-Furqan Gampong Raya Tambo Kabupaten Bireuen). Masters thesis, UIN Ar-raniry.
![[thumbnail of Psikologi belajar, Praktik Pengalaman Kerja (PPL), mahasiswa PAI, Siswa.]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Nanda Olivia, 190201169, FTK, PAI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB)
![[thumbnail of Psikologi belajar, Praktik Pengalaman Kerja (PPL), mahasiswa PAI, Siswa.]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Nanda Olivia, 190201169, Abstrak dan BAB 1.pdf - Published Version
Download (5MB)
Abstract
Pentingnya psikologi belajar dalam pendidikan terletak pada kemampuannya membantu guru memahami dan menyesuaikan metode pengajaran sesuai dengan kebutuhan, gaya belajar, dan perkembangan siswa, sehingga menciptakan lingkungan belajar yang lebih efektif dan mendukung. Pemahaman dan penerapan psikologi belajar menjadi krusial dalam meningkatkan kemampuan mengajar mahasiswa PAI selama Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di MTsS Al-Furqan Gampong Raya Tambo, Kabupaten Bireuen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pelaksanaan implementasi psikologi belajar terhadap kemampuan mahasiswa PAI dalam Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di MTsS Al- Furqan Gampong Raya Tambo, Kabupaten Bireuen, serta mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian data tersebut dianalisis melalui deskriptif-evaluatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi psikologi belajar oleh mahasiswa PAI selama Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di MTsS Al-Furqan Gampong Raya Tambo berhasil dengan baik, terbukti dari peningkatan motivasi dan minat siswa terhadap pelajaran. Mahasiswa mempersiapkan rencana pembelajaran dengan matang, melakukan observasi, berdiskusi dengan guru pamong, dan menggunakan berbagai pendekatan mengajar. Keberhasilan ini didukung oleh dukungan madrasah yang menyediakan bahan ajar dan fasilitas memadai, keterlibatan aktif guru pamong dalam memberikan bimbingan, serta minat tinggi siswa. Namun, terdapat hambatan seperti kurangnya pengalaman mengajar, kesulitan memahami karakteristik siswa yang beragam, dan tantangan terkait kondisi fisik kelas serta dukungan keluarga, yang mempengaruhi efektivitas penerapan psikologi belajar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa meskipun terdapat hambatan, implementasi psikologi belajar oleh mahasiswa PAI di MTsS Al-Furqan berhasil meningkatkan kualitas pembelajaran, dengan dukungan yang memadai dari berbagai pihak.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nanda Olivia |
Date Deposited: | 14 Feb 2025 09:24 |
Last Modified: | 14 Feb 2025 09:24 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/43400 |