Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pencapaian Hasil Belajar Siswa Di SMP Islam Ibnu Khaldun Banda Aceh

Baili Suhada, 30183702 (2022) Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pencapaian Hasil Belajar Siswa Di SMP Islam Ibnu Khaldun Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Pascasarjana Pendidikan Agama Islam.

[thumbnail of Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pencapaian Hasil Belajar Siswa Di SMP Islam Ibnu Khaldun Banda Aceh] Text (Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pencapaian Hasil Belajar Siswa Di SMP Islam Ibnu Khaldun Banda Aceh)
Baili Suhada, 30183702, PPS, PAI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (42MB)
[thumbnail of Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pencapaian Hasil Belajar Siswa Di SMP Islam Ibnu Khaldun Banda Aceh] Text (Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pencapaian Hasil Belajar Siswa Di SMP Islam Ibnu Khaldun Banda Aceh)
Baili Suhada, 30183702, PPS, PAI-1-43.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru yaitu kompetensi pedagogik. Tetapi masih ada guru yang belum dapat menguasai kompetensi pedagogik dimana dalam belajar belum ada perencanaan yang matang begitu juga dalam pelaksanaan pembelajaran belum sistematis dan terarah, sehingga dalam memberikan penilaian kepada siswa tidak sesuai dengan seperti yang diharapkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi kompetensi pedagogik guru PAI, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan hasil belajar siswa di SMP Islam Ibnu Khaldun. Penelitian ini dilakukan dengan studi lapangan yang menggunakan metode analisis melalui pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Implementasi kompetensi pedagogik guru PAI dalam perencanaan pembelajaran sudah baik, hal ini berdasarkan indikator dari perencanaan guru lakukan mulai dari rencana minggu efektif, program tahunan, program semester, silabus, dan RPP. Implementasi kompetensi pedagogik guru PAI dalam pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan beberapa proses pembelajaran yaitu kegiatan pembukaan, kegiatan inti dan penutup. Implementasi kompetensi pedagogik guru PAI dalam evaluasi hasil belajar siswa guru dengan memberikan penugasan atau latihan yang akan dikerjakan oleh siswa setelah materi diberikan oleh guru. Sedangkan hasil belajar menurut siswa yang sudah peneliti wawancarai dapat dilihat dari dua kategori yaitu nilai rapor siswa yang semakin baik, dimana siswa mendapat nilai UTS di atas 83, dan juga nilai UAS mendapat di atas 84. Begitu juga diberikan penghargaan kepada siswa yang mendapatkan nilai tinggi berupa alat tulis yang dapat digunakan dalam belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Baili Suhada Baili
Date Deposited: 25 Feb 2025 07:32
Last Modified: 25 Feb 2025 07:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/43402

Actions (login required)

View Item
View Item