Amirah Afifah Raia, 200204013 (2025) Pengembangan E-Modul Berbasis Technological Pedagogycal Content Knowledge (TPACK) Pada Materi Fluida Dinamis. Other thesis, UIN AR-RANIRY.
![[thumbnail of Amirah Afifah Raia, 200204013, FTK, PFS, 082276156554.pdf]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Amirah Afifah Raia, 200204013, FTK, PFS, 082276156554.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (10MB)
![[thumbnail of Amirah Afifah Raia, 200204013, FTK, PFS, 082276156554-1-24.pdf]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Amirah Afifah Raia, 200204013, FTK, PFS, 082276156554-1-24.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat peserta didik dalam mempelajari fisika serta keterbatasan penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran yang masih dominan menggunakan buku yang tidak memuat multimedia pembelajaran. Materi fluida dinamis merupakan salah satu materi fisika kelas XI yang relatif rumit. Secara umum, peserta didik di MAS Darul Ulum Banda Aceh menganggap materi fluida dinamis adalah salah satu materi fisika yang sulit dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) desain E-Modul berbasis TPACK pada materi fluida dinamis (2) kelayakan E-Modul berbasis TPACK pada materi fluida dinamis (3) respon peserta didik terhadap pengembangan E-Modul berbasis TPACK pada materi fluida dinamis. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima tahap, yaitu Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi oleh ahli media, ahli materi dan angket respon peserta didik. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa E-Modul berbasis TPACK pada materi fluida dinamis di SMA/MA memiliki desain yang memenuhi persyaratan yang dikembangkan kemudian sangat layak digunakan dengan memperoleh skor rata-rata 94,54% dengan katerogi penilaian sangat layak. Berdasarkan hasil kelayakan produk oleh ahli media memperoleh skor rata-rata 94,64% dengan kategori penilaian sangat layak, dan hasil validasi oleh ahli materi memperoleh skor rata-rata 90,44% kategori penilaian sangat layak. Hasil uji coba respon peserta didik diperoleh sebesar 94,54 % dengan kriteria sangat menarik. Evaluasi akhir menyimpulkan bahwa e-modul yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai bahan ajar mandiri maupun pendukung dalam proses pembelajaran di SMA/MA.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Amirah Afifah Raia |
Date Deposited: | 14 Feb 2025 02:16 |
Last Modified: | 14 Feb 2025 02:16 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/43405 |