Fakrurrazi Pramanda, 180204054 (2024) Analisis Pelaksanaan Asessmen Kompetensi Minimum (AKM) pada Mata Pelajaran IPA SMP Negeri 1 Tapaktuan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Membahas tentang pelaksanaan asesmen kompetensi minimum]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Fakrurrazi Pramanda, 180204054, FTK, PFS - Cover-bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
![[thumbnail of Membahas tentang pelaksanaan asesmen kompetensi minimum]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Fakrurrazi Pramanda, 180204054, FTK, PFS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini mengevaluasi pelaksanaan AKM yang telah diterapakan diberbagai sekolah termasuk SMP Negri 1 Tapaktuan. Penelitian ini dilatarbelangi juga oleh rendahnya tingkat keberhasilan penerapan AKM. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan AKM di SMP Negeri 1 Tapaktuan dan bagaimana tingkat keberhasilan penerapan AKM di SMP Negeri 1 Tapaktuan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dimana peneliti mendeskripsikan dan menggambarkan secara terperinci mengenai pelaksanaan AKM di SMP Negeri 1 Tapaktuan serta tingkat keberhasilan penerapan AKM di SMP Negeri 1 Tapaktuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan AKM SMP Negeri 1 Tapaktuan sudah sesuai juknis pelaksanaan AKM yang ditetapkan oleh pemerintah pusat. Dilihat dari segi sarana dan prasarannya, SMP Negeri 1 Tapaktuan sudah memiliki ruangan laboratorium komputer yang dilengkapi dengan komputer dan jaringan internet yang memadai. Sehingga untuk pelaksanaan AKM pada tahun 2023 SMP Negeri 1 Tapaktuan tidak mengalami kendala. Tingkat keberhasilan AKM di SMP Negeri 1 Tapaktuan dilihat dari capaian kompetensinya baru mencapai pada tahap dasar. Adapun kendala yang dihadapi peserta didik dalam mengerjakan soal-soal AKM yaitu rendahnya literasi dan numerasi peserta didik. Yang dimana literasi membaca ini adalah kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan bentuk-bentuk teks tertulis. Sedangkan numerasi adalah kemampuan bernalar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis, pelaksanaan AKM, SMP Negeri 1 Tapaktuan |
Subjects: | 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Fakhrurrazi Pramanda |
Date Deposited: | 17 Feb 2025 03:53 |
Last Modified: | 17 Feb 2025 03:53 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/43419 |