Analisis Pelaksanaan Asessmen Kompetensi Minimum (AKM) pada Mata Pelajaran IPA SMP Negeri 1 Tapaktuan

Fakrurrazi Pramanda, 180204054 (2024) Analisis Pelaksanaan Asessmen Kompetensi Minimum (AKM) pada Mata Pelajaran IPA SMP Negeri 1 Tapaktuan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang pelaksanaan asesmen kompetensi minimum] Text (Membahas tentang pelaksanaan asesmen kompetensi minimum)
Fakrurrazi Pramanda, 180204054, FTK, PFS - Cover-bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[thumbnail of Membahas tentang pelaksanaan asesmen kompetensi minimum] Text (Membahas tentang pelaksanaan asesmen kompetensi minimum)
Fakrurrazi Pramanda, 180204054, FTK, PFS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengevaluasi pelaksanaan AKM yang telah diterapakan diberbagai sekolah termasuk SMP Negri 1 Tapaktuan. Penelitian ini dilatarbelangi juga oleh rendahnya tingkat keberhasilan penerapan AKM. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan AKM di SMP Negeri 1 Tapaktuan dan bagaimana tingkat keberhasilan penerapan AKM di SMP Negeri 1 Tapaktuan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dimana peneliti mendeskripsikan dan menggambarkan secara terperinci mengenai pelaksanaan AKM di SMP Negeri 1 Tapaktuan serta tingkat keberhasilan penerapan AKM di SMP Negeri 1 Tapaktuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan AKM SMP Negeri 1 Tapaktuan sudah sesuai juknis pelaksanaan AKM yang ditetapkan oleh pemerintah pusat. Dilihat dari segi sarana dan prasarannya, SMP Negeri 1 Tapaktuan sudah memiliki ruangan laboratorium komputer yang dilengkapi dengan komputer dan jaringan internet yang memadai. Sehingga untuk pelaksanaan AKM pada tahun 2023 SMP Negeri 1 Tapaktuan tidak mengalami kendala. Tingkat keberhasilan AKM di SMP Negeri 1 Tapaktuan dilihat dari capaian kompetensinya baru mencapai pada tahap dasar. Adapun kendala yang dihadapi peserta didik dalam mengerjakan soal-soal AKM yaitu rendahnya literasi dan numerasi peserta didik. Yang dimana literasi membaca ini adalah kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan bentuk-bentuk teks tertulis. Sedangkan numerasi adalah kemampuan bernalar.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Analisis, pelaksanaan AKM, SMP Negeri 1 Tapaktuan
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Fakhrurrazi Pramanda
Date Deposited: 17 Feb 2025 03:53
Last Modified: 17 Feb 2025 03:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/43419

Actions (login required)

View Item
View Item