Ramona Andria, 200202087 (2024) Penggunaan Model Pembelajaran TPS (Think Pair Share) Dengan Menggunakan Media Permainan Sobekan Kertas Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Keterampilan Membaca. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Membahas tentang model pembelajaran]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Ramona Andria, 200202087, FTK, PBA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB)
![[thumbnail of Membahas tentang model pembelajaran]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB)
Abstract
Judul skripsi ini adalah : Penggunaan model pembelajaran TPS (Think Pair Share) dengan menggunakan media permainan sobekan kertas untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam keterampilan membaca. Berdasarkan pengamatan peneliti bahwa siswa di MAN 1 Aceh Selatan tidak terlalu aktif saat melaksanakan proses pembelajaran, siswa hanya sebatas mendengar apa yang dijelaskan oleh guru, guru juga belum menggunakan metode dan media yang tepat dalam mengajar, dan hanya terpaku dengan buku saja. Sehingga siswa merasa bosan, banyak siswa yang meminta izin ke kamar mandi,makan,berbicara dengan teman dan membuka buku lain. Peneliti melihat siswa di sekolah ini kurang membaca teks berbahasa Arab dengan benar dan kurang memahami isi teks tersebut. Untuk mengatasi masalah ini, peneliti ingin menerapkan model pembelajaran TPS ( Think, Pair, Share ) dengan media permainan sobekan kertas untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa dalam keterampilan membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran TPS ( Think Pair Share ) dengan media permainan sobekan kertas untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam keterampilan membaca khususnya memahami teks. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain One Group Pre-Test Post-Test Desain. Untuk pengumpulan data peneliti menggunakan lembar observasi langsung dan tes sebelum eksperiment dan setelahnya. Seluruh siswa MAN 1 Aceh Selatan berjumlah 307 orang, dan peneliti mengambil 24 siswa kelas 2 A-IPA 1 MAN 1 Aceh Selatan sebagai sampel pada penelitian ini. Adapun hasil dari penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran TPS ( Think Pair Share ) dengan media permainan sobekan kertas efektif dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa dalam keterampilan membaca di MAN 1 Aceh Selatan. Hal ini dibuktikan dengan nilai Post-Test lebih tinggi dari Pre-Test yaitu 95> 50. Peneliti mengandalkan hasil Uji Wilcoxon Sign Ranks Test dengan menggunakan program “ SPSS 25” dan diperoleh hasil tingkat signifikasi (2-tailed) Sig. 0,000 lebih kecil dari hasil tingkat signifikan 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dari hasil kegiatan sekolah dan siswa diperoleh bahwa penggunaan model pembelajaran TPS ( Think Pair Share ) dengan media permainan sobekan kertas sangat baik, berdasarkan hasil yang diperoleh yaitu aktivitas guru 94,2% dan aktivitas siswa 97,5%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Ramona Andria |
Date Deposited: | 17 Feb 2025 03:05 |
Last Modified: | 17 Feb 2025 03:08 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/43427 |