Fani Zuhra, 150401002 (2020) Marketing Komunikasi CV. Central Media Aceh Dalam Menjaga Kepuasan Pelanggan. Masters thesis, UIN Ar-raniry.
![[thumbnail of Membahas tentang marketing komunikasi]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Fani Zuhra, 150401002, FDK, KPI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (5MB)
![[thumbnail of Membahas tentang marketing komunikasi]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Fani Zuhra, 150401002, FDK, KPI, 08116851998.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB)
Abstract
Skripsi ini berjudul “Marketing Komunikasi CV. Central Media Aceh dalam Menjaga Kepuasan Pelanggan”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja bentuk-bentuk marketing komunikasi yang digunakan, serta bagaimana model dan strategi dalam penerapan marketing komunikasi yang digunakan oleh perusahaan CV. Central Media Aceh dalam menjaga kepuasan pelanggan. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka penelitian ini menggunakan metode pendekatan dekskriptif kualitatif secara sistematis berdasarkan subjek dan objek tertentu dengan mengumpulkan jawaban wawancara dan dokumentasi berupa foto dan data. Penelitian ini dikaji menggunakan Teori Promotion Mix dan teori model AIDDA (Attention, Interest, Desire, Decision, Action). Kajian dengan menggunakan sistem penerapan teori promotion mix dilakukan untuk mengetahui apa saja bentuk-bentuk marketing komunikasi yang digunakan oleh CV. Central Media Aceh, terkait strategi dan model marketing yang diterapkan, penulis mengkaji pembahasan menggunakan teori model AIDDA,unsur ini berpengaruh besar bagi pelaku bisnis dalam acuan marketing komunikasi yang berfungsi untuk menarik perhatian pelanggan, mendorong minat, membangkitkan hasrat, dan menghasilkan tindakan yang ditujukan kepada pelanggan. Sehingga dengan begitu pelanggan mengambil keputusan untuk menggunakan produk barang/jasa yang ditawarkan perusahaan tesebut. Hasil penelitian menujukkan bahwa model dan strategi marketing komunikasi yang digunakan oleh CV. Central Media Aceh dapat menjaga kepuasan pelanggan dan diterapkan dengan baik . Namun ada kesenjangan antara teori dan praktek terhadap lima aspek terkait kajian faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan. Ada satu aspek yang masih belum efektif diterapkan oleh perusahaan CV. Central Media Aceh dalam menjaga kepuasan pelanggan yaitu aspek ketepatan waktu. Dimana aspek ketepatan waktu merupakan aspek yang paling mempengaruhi dan berperan dalam proses pemenuhan kepuasan pelanggan. Akan tetapi secara keseluruhan berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang penulis lakukan, bahwa penerapan model dan strategi marketing komunikasi yang diterapkan di CV. Central Media Aceh dapat menjaga kepuasan pelanggan dengan baik. Alasannya yaitu berdasarkan analisis dari empat aspek faktor- faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan diatas, hanya 1 aspek ketepatan waktu saja yang kurang berperan dalam memenuhi kepuasan pelanggan. Oleh karena itu secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa penerapan marketing komunikasi CV. Central Media Aceh dapat menjaga kepuasan pelanggan dan diterapkan dengan baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Fani Zuhra |
Date Deposited: | 17 Feb 2025 08:15 |
Last Modified: | 17 Feb 2025 08:15 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/43446 |