Gea Muslianda Putri, 170802116 (2024) Kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor Camat Trumon Tengah Kabupaten Aceh Selatan. Masters thesis, UIN Ar-raniry.
![[thumbnail of kualitas pelayanan publik, pelayanan publik, kantor camat]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Gea Muslianda Putri, 170802116, FISIP, IAN, 082259120238.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (5MB)
![[thumbnail of kualitas pelayanan publik, pelayanan publik, kantor camat]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Gea Muslianda Putri, 170802116, FISIP, IAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB)
Abstract
Penyelenggaraan pelayanan publik merupakan upaya Negara untuk memenuhi kebutuhan dasar dan hak-hak sipil setiap warga Negara atas barang, jasa, dan pelayanan administrasi yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana kualitas pelayanan publik yang ada pada Kantor Camat Trumon Tengah Kabupaten Aceh Selatan dan apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pelayanan publik di Kantor Camat Trumon Tengah Kabupaten Aceh Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan publik pada kantor Camat Trumon Tengah Kabupaten Aceh Selatan. Metode Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian dengan observasi, wawancara dan telaah dokumen dengan informan berjumlah tiga belas orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Kualitas pelayanan publik di Kantor Camat Trumon Tengah Kabupaten Aceh Selatan belum diterapkan dimensi Tangibel, Realiability, Responsiviness, Assurance dan Emphaty beserta indikatornya. Ada beberapa indikator yang belum berjalan sesuai dengan keinginan masyarakat, antara lain ketidaknyamanan tempat pelayanan termasuk sarana dan prasarana yang belum lengkap, belum ahlinya pegawai dalam menggunakan alat bantu pelayanan, dan ketidakramahan pegawai dalam proses pelayanan. (2) Faktor penghambat pelaksanaan pelayanan publik di Kantor Camat Trumon Tengah Kabupaten Aceh Selatan adalah kurangnya sumber daya pegawai dan masih kurangnya sarana prasarana. Sedangkan faktor pendukungnya adalah semangat yang diberikan pegawai satu sama lain, mengadakan rapat koordinasi atau semacam evaluasi setiap tiga bulan kemudian memberikan penanaman kesadaran melayani masyarakat dengan ikhlas dan sesuai dengan hati nurani. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan penulis menarik kesimpulan bahwa kualitas pelayanan publik pada Kantor Camat Trumon Tengah Kabupaten Aceh Selatan masih belum beroperasi dengan baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 361 Masalah dan pelayanan kesejahteraan sosial pada umumnya |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara |
Depositing User: | Gea Muslianda Putri |
Date Deposited: | 18 Feb 2025 04:27 |
Last Modified: | 18 Feb 2025 04:27 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/43468 |