Efektivitas Pelaksanaan Ekstrakurikuler Tarhadap Peningkatan Kompetensi Keagamaan Pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Sabang

Hasbi, 221003042 (2025) Efektivitas Pelaksanaan Ekstrakurikuler Tarhadap Peningkatan Kompetensi Keagamaan Pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Sabang. Efektivitas Pelaksanaan Ekstrakurikuler Tarhadap Peningkatan Kompetensi Keagamaan Pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Sabang. pp. 1-141.

[thumbnail of Efektivitas, Ekstrakurikuler dan Kompetensi Keagamaan] Text (Efektivitas, Ekstrakurikuler dan Kompetensi Keagamaan)
HAsbi-1-37.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[thumbnail of Efektivitas, Ekstrakurikuler dan Kompetensi Keagamaan] Text (Efektivitas, Ekstrakurikuler dan Kompetensi Keagamaan)
HAsbi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Judul Tesis : Efektivitas Pelaksanaan Ekstrakurikuler Tarhadap Peningkatan Kompetensi Keagamaan Pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Sabang
Nama Penulis/NIM : Hasbi/221003042
Pembimbing I : Dr. Mumtazul Fikri, S.Pd.I, MA
Pembimbing II : Dr. Ainal Mardhiah, S.Ag, M.Ag
Kata Kunci : Efektivitas, Ekstrakurikuler dan Kompetensi Keagamaan

Fenomena kerusakan akhlak pada remaja, narkoba, pergaulan bebas, hilangnya sopan santun terhadap orang tua dan guru. Terdapat banyak siswa-siswi yang tidak mampu membaca Al-Qur’an, tidak melaksanakan shalat, tidak berpakaian yang menutup aurat sesuai syari’at, ini menunjukkan kondisi bahwa kompetensi keagamaan pada siswa sudah mulai hilang. Berdasarkan fenomena tersebut penulis ingin meneliti tentang: “Efektivitas Kegiatan Ekstrakulikuler Terhadap Peningkatkan Kompetensi Keagamaan Siswa Madrasah Tsanawiyah di Kota Sabang”. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 siswa, 9 guru ekstrakurikuler dan 1 kepala sekolah. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengambilan data menggunakan teknik observasi mendalam, wawancara dan tela’ah dokumen. Pendekatan deskriptif kwalitatif. Hasil temuan penelitian terdapat 11 bentuk kegiatan Ekstrakurikuler di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Sabang yaitu pramuka, tahsin dan tahfiz Al-Quran, Qira’atul Kutub, Karya Tulis, Diniyah Al-Quran, Tilawatil Quran, Memanah, Tenis Meja, Takraw, Bimbingan KSM, dan Olimpiade Bahasa Inggris. Pelaksanaan ekstrakurikuler untuk pengembangan diri siswa di sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Sabang dilakukan melalui kegiatan ekstrakurikuler. Seiring berjalannya waktu, pada bulan Agustus tahun 2021, MTsN 1 Sabang melaunching kegiatan fullday madrasah yang merupakan satu- satunya madrasah/sekolah di Kota Sabang yang menyelenggarakan fullday. Kegiatan pengembangan diri siswa di MTsN 1 Sabang pada awal mula terbentuknya masih terbatas pada tiga kegiatan yaitu Tahfiz Al-Quran, Pramuka dan Qira’atul kutub. Ketiga kegiatan ini merupakan kegiatan ekskul unggulan yang telah menghasilkan banyak prestasi. Kegiatan pengembangan diri dilaksanakan setiap hari Selasa dan Kamis mulai jam 15.00 sampai dengan jam 16.20, yang diampu oleh beberapa orang guru baik dari madrasah sendiri maupun dari luar madrasah. Dari 11 kegiatan Ekstrakurikuler di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Sabang terdapat empat kegiatan ekstrakurikuler yang sangat efektif meningkatkan kompetensi keagamaan pada siswa-siswi di MTsN Kota Sabang tersebut. Kegiatan ekstrakurikuler tersebut adalah Tahsin Dan Tahfidz Al-Qur’an, Diniyah Al-Qur’an (Rohis), Qira’atul Kutub dan Tilawah Al-Qur’an. Hal ini dapat dilihat dalam peningkatan pelaksanaan Shalat Dhuhur berjamaah dan Shalat Ashar berjamaah di sekolah. Penggunaan busana muslimah para siswi sudah lebih sesuai dengan syari’at. Tadarus Al – Kahfi rutin di sekolah setiap pagi jum’at, Shalat Jumat Berjamaah dan Shalat Sunnah lainnya seperti shalat Dhuha, Shalat Sunnah Istiqa, Shalat Tasbih dan Shalat Jenazah. Khusus Shalat jenazah MTsN 1 Sabang telah memiliki satu grup Shalat jenazah yang terdiri 20 orang putri dan 20 orang putra yang siap diterjunkan kemasyarakat sekitar jika ada kemalangan. Selain itu peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an menjadi lebih baik, penggunaan tajwid dalam baca’an Al-Qur’an sudah lebih tepat, cara baca huruf Hijaiyah juga semakin bagus sehingga kemampuan siswa-siswi dalam membaca Al-Qur’an menjadi lebih baik dan sudah mampu menghafal Al-Qur’an minimal 1 juz.

Item Type: Article
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hasbi Hasbi
Date Deposited: 19 Feb 2025 04:19
Last Modified: 19 Feb 2025 04:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/43504

Actions (login required)

View Item
View Item