Nurul Maulidar, 200205050 (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Articulate Storyline Berbasis Kontekstual pada Materi Barisan dan Deret. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Membahas media pembelajaran]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI BAB 1 NURUL MAULIDAR.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
![[thumbnail of Membahas media pembelajaran]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Nurul Maulidar, 200205050, FTK,PMA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (8MB)
Abstract
Pemanfaatan teknologi informasi dalam pendidikan di era Revolusi Industri 4.0
untuk meningkatkan kualitas pembelajaran salah satunya pelajaran matematika.
Pemanfaatan teknologi tersebut dapat menjadi landasan untuk mengembangkan
media pembelajaran untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Namun
seringkali ditemukan bahwa guru lebih memilih menggunakan buku cetak daripada
menggukan media pembelajaran berbasis teknologi. Hal ni dapat menyebabkan
peserta kesulitan dalam menentukan rumus, kesalahan interpretasi bahasa
kesalahan menggunakan data pada soal, dan kurangnya minat dalam belajar
terutama pada materi barisan dan deret geometri. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui prosedur pengembangan, tingkat kevalidan dan kepraktisan media
pembelajaran interaktif berbasis kontekstual untuk materi barisan dan deret
geometri menggunakan aplikasi bantuan aplikasi Articulate Storyline. Penelitian
dilakukan dengan menggunakan metode Research and Development (R&D) model
pengembangan 4D Thiagarajan. Model pengembangan yang digunakan adalah
model pengembangan 4D dengan empat tahapan, yaitu tahap pendefinisian
(Define), perancangan (Design), Pengembangan (Develop), dan penyebaran
(Disseminate). Subjek uji coba penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA
Negeri 5 Banda Aceh. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi, lembar
kepraktisan guru dan peserta didik. Berdasarkan Hasil analisis validasi dari para
ahli diperoleh hasil validasi media sebesar 82,86% (Sangat Valid), hasil validasi
ahli materi sebesar 75,76% (Valid). Berdasarkan lembar kepraktisan guru diperoleh
hasil sebesar 80,36% (Sangat Praktis) dan hasil validasi lembar kepraktisan peserta
didik yang di uji coba sebesar 81,20%. (Sangat Praktis). Berdasarkan hasil proses
pengembangan secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran
berbantuan Articulate Storyline berbasis kontekstual pada materi barisan dan deret
dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Depositing User: | Nurul Maulidar |
Date Deposited: | 20 Feb 2025 03:46 |
Last Modified: | 20 Feb 2025 03:46 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/43538 |